Kodim 0804 Magetan gelar Bhakti Sosial TNI KB MOW Gratis

MAGETAN (titik0km.com) – Magetan Senin 16/06/2014, Pada hari Senin (16/6), Kodim 0804/Magetan melaksanakan Pencanangan Bakti Sosial TNI Manunggal di tahun 2014 tingkat Kabupaten Magetan, TNI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan menggelar pelayanan Keluarga Berencana (KB) secara gratis, dengan menggelar MOW (Metoda Operasi Wanita ) atau tubektomi secara gratis.

Menurut PLH Pasiter kodim 0804/Magetan Kapten Inf Supriyanto yang mewakili Dandim 0804/Magetan, acara yang dihadiri PLT Kepala PP dan KB Kabupaten Magetan, Suyitno S.Sos dan Danramil 0804/06 Maospati, Kapten Inf Misran tersebut, merupakan kegiatan bakti Sosial TNI Manunggal KB-Kesehatan yang berskala nasional, “Ini juga merupakan tindak lanjut dari MoU yang dilakukan Kepala BKKBN Pusat dengan TNI dalam mendukung pelaksanaan program KB Nasional,” ujar Supriyanto.

Tema kegiatan kali ini adalah ini yakni “Dengan Percepatan Pelaksanaan Revitalisasi Program KB Melalui Bhakti Sosial Kerjasama BKKBN dengan TNI, Kita Mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera”. Kodim 0804/Magetan sendiri melaksanaan Revitalisasi KB MOW berdasar pada surat telegram Danrem 081/DSJ Nomor ST/160/2014 tertanggal 7 Maret 2014, tentang pelaksanakan percepatan pelaksanan revitalisasi Program KB Nasional melalui Bhakti  Sosial Kerja sama BKKBN dengan TNI.

Pada Kesempatan yang sama, Suyitno S.Sos PLT Kepala PP dan KB Kabupaten Magetan juga menjelaskan bahwa saat ini di Kabupaten Magetan, jumlah tenaga penyuluh KB hanya 19 orang untuk 17 Kecamatan dan 235 Desa/Kelurahan, “Padahal idealnya seorang tenaga penyuluh KB membina dua desa untuk efektifitasnya, artinya masih kekurangan tenaga dan membutuhkan 51 orang untuk tenaga PLKB” ujar Suyitno.

PLH Perwira Seksi Teritorial Kapten Inf. Supriyanto mengatakan, dengan adanya dukungan TNI ini melalui program revitalisasi program KB, diharapkan permasalahan yang dihadapi dapat teratasi. “TNI selama ini kita kenal sebagai institusi yang selalu memegang teguh keputusan dan komitmen yang telah dibuat. Kita menyadari bahwa program KB tidak hanya membangun keluarga agar menjadi hidupnya lebih bahagia dan sejahtera, tetapi juga membangun penduduk negeri ini agar terkendali kuantitasnya serta meningkat kualitasnya menuju bangsa yang kokoh, kuat dan tangguh,” ujar PLH Pasiter kodim 0804/magetan kapten Inf Supriyanto.

Selain itu dikatakan dukungan dan memberikan apresiasi terhadap apa yang dilakukan oleh jajaran TNI dengan ikut serta peduli terhadap masalah Kesehatan, Keluarga Berencana dan Kependudukan. Ini menunjukkan betapa pentingnya pengendalian jumlah penduduk. Pemerintah Daerah Kabupaten Magetan sendiri sangat komit dalam penyelenggaraan Program KB dan Kesehatan, karena Program KB bukan hanya menyangkut masalah alat kontrasepsi saja, akan tetapi juga menyangkut masalah bagaimana untuk meningkatkan kualitas penduduk tesebut.

Mengingat begitu kompleksnya masalah kependudukan ini, pemerintah telah mengeluarkan Undang-undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan pembangunan keluarga. Hal ini dimaksudkan adalah untuk mengatur secara menyeluruh mengenai Kependudukan dan pembangunan keluarga serta mewujudkan pertumbuhan penduduk yang tumbuh seimbang.

Sehubungan dengan hal tersebut pada kesempatan ini Dandim yang diwakili Plh Pasiter  Kodim 0804/Magetan mengajak semua komponen masyarakat untuk bersama-sama terlibat aktif menangani masalah kesehatan, kependudukan dan keluarga berencana, sebesar apapun partisipasi yang diberikan akan bermakna bagi Negara dan bangsa ini, khususnya Kabupaten Magetan (HumasDim084/HumasPemdam/asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: