Kodim 0821 Lumajang Dukung Penuh Operasi Gratis Seribu Pasien Miskin

LUMAJANG (titik0km.com) download.jpgDandim Lumajang Letkol.Inf. Akhyari antusias mengajukan pertanyaan sehubungan dengan tehnis pelaksanaan kegiatan baksos operasi– Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan aksi sosial operasi gratis bagi 1.000 kaum dhuafa yang menyebar di 5 kabupaten, tim Rumah Sakit (RS) Bina Sehat Jember berkoordinasi dengan Kodim 0821 Lumajang.

Kunjungan ini disamping bertujuan menjalin silaturahmi juga untuk memantapkan koordinasi dalam hal pendataan dan pendampingan pasien kaum dhuafa yang akan diikutsertakan dalam kegiatan operasi gratis. Khususnya bagi penderita bibir sumbing, polidaktili CTEV di wilayah Kabupaten Lumajang.

Dalam kunjungan ke Kodim 0821 Lumajang ini, tim RS Bina Sehat ditemui langsung Letkol.Inf. Akhyari, yang didamping Mayor NH. Irianto (Kasdim) dan Kapten. Panji Wismono (Pasiter) Kodim 0821 Lumajang.

Dalam kesempatan ini, dr. Maria Ulfah, koordinator aksi sosial RS Bina Sehat Jember menyampaikan tentang visi dilaksanakannya aksi sosial operasi gratis bagi 1.000 kaum dhuafa ini.

Dijelaskan, setelah sukses dengan pelaksanaan aksi sosial sebelumnya yang dilaksanakan oleh RS Bina Sehat dengan Kodim 0824 Jember, aksi sosial dilakukan lagi dengan cakupan yang lebih besar lagi. Hal tersebut juga sesuai gagasan  dari Pangdam V Brawijaya Murdjito untuk memperluas cakupan wilayah aksi sosial untuk warga miskin. Maka dari itulah, RS Bina Sehat Jember menyambut baik dukungan ini melalui pelaksanaan aksi sosial operasi gratis bagi 1.000 kaum dhuafa.

Untuk wilayah Kabupaten Lumajang sendiri, kata Ulfah, cakupan operasi yang akan dilakukan nantinya meliputi pasien yang menderita bibir sumbing, polidaktili, dan CTEV. “Dengan menjalin koordinasi bersama Kodim 0821 Lumajang diharapkan dapat membantu memperluas informasi kepada masyarakat Lumajang dan sekitarnya tentang operasi gratis ini,’ paparnya.

Dikatakan, sinergi yang diharapkan dalam kegiatan aksi sosial ini adalah pasien dicari dan dipilih serta dilayani kelengkapan administrasinya oleh jajaran Kodim Lumajang. Sejak memotivasi hingga mengantar pasien ke RS Bina Sehat Jember maupun saat mendampingi saat operasi dan melayani saat kontrol (berobat). “Rumah Sakit Bina Sehat Jember dalam hal ini bertugas melayani screening (pemeriksaan, Red), operasi dan kontrol sampai tuntas secara gratis,” tegasnya

Dandim 0821 Lumajang Letkol.Inf. Akhyari menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan aksi sosial yang digagas RS Bina Sehat ini. Pihaknya beserta jajarannya sepenuh hati akan berupaya memaksimalkan peran serta TNI Kabupaten Lumajang dalam aksi sosial ini.

“Ini merupakan amanah bagi kami. Amanah yang harus dilaksanakan untuk membantu kaum dhuafa,” katanya. Jajaran Kodim 0821 Lumajang akan langsung gerak cepat dengan menjalin koordinasi dengan Koramil di wilayahnya termasuk memaksimalkan peran Babinsa dalam pendataan pasien kaum dhuafa yang benar-benar membutuhkan untuk dapat operasi secara gratis di RS Bina Sehat.

Terkait masalah tranportasi untuk mengantar pasien ke RS Bina Sehat nantinya, kata Letkol.Inf. Akhyari, pihaknya akan semaksimal mungkin mengupayakan dengan menjalin kerjasama dengan Pemkab Lumajang. Termasuk jika dibutuhkan akan menggunakan mobil milik TNI di wilayahnya.

“Kami akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang dan juga Dinas Kesehatan setempat dalam hal penyediaan sarana transportasi untuk mengantar pasien operasi gratis ini hingga sampai RS Bina Sehat,” pungkasnya. (tnt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: