Kompak dan Tidak Ada yang Bolos, Hari Pertama Sidak ASN di Lingkungan Pemkab Jember

Jember (titik0km.com) Hari ini Kamis (21/6/2018) Aparatur Sipil Negara (ASN) serentak memulai kembali ak­ti­vi­tas mereka. Hari pertama be­ker­ja bagi ASN terkadang ren­tan de­ng­an tindakan indi­si­pli­ner atau bolos kerja.

Untuk memastikan tidak ada ASN yang bolos, tim dari Badan Ke­pe­ga­waian Daerah (BKD) Pem­kab Jember, bersama Kabag Hu­mas melakukan inspeksi men­da­dak (sidak) ke beberapa OPD di­an­ta­ranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dis­pen­duk), Dinas Perindustrian dan Per­dagangan (Disperindag), dan Kantor Kecamatan Arjasa.

Usai melakukan sidak, Plt Ka­bag Humas Herwan Agus Dar­man­to mengatakan, pada hari per­tama kerja bisa dipastikan pelayanan kepada masyarakat mulai berjalan seperti biasa.

“Hari ini sidak bersama BKD ti­dak ditemukan staf atau pe­gawai yang tidak masuk kerja ba­ik itu karena ijin atau yang tan­pa keterangan. Untuk pela­ya­nan sendiri, baik di kecamatan mau­pun Dispenduk sudah ber­ja­lan sebagai hari-hari bia­sa­nya,” tuturnya, saat wawancara.

Dari pantauan di Kantor Dis­pen­duk terlihat beberapa kursi kosong milik pegawai, Herwan menjelaskan yang bersangkutan sedang mengikuti halal bi halal di Pendopo Wahyawibawagraha bersama bupati dan wakil bu­pa­ti.

“Selain pejabat, kepala di­nas­nya, juga ada beberapa pejabat di­bawahnya yang diundang (bu­pati) halal bi halal di pendopo, se­telah selesai kegiatan mereka kembali ke sini,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kabid Dik­lat dan SDM BKD Jember, Shu­diq Hariono mengatakan ti­dak ditemukan staf atau ASN yang tidak masuk kerja, baik di tempat yang ia kunjungi maupun di tempat lain.

Shudiq menjelaskan tim BKD yang lain juga melakukan sidak ke beberapa dinas, sesuai in­for­masi yang diterimanya juga ti­dak ada yang tanpa keterangan.

Hasil sidak hari ini, kata Shu­diq, akan dilanjutkan ke Ke­men­trian Pemberdayagunaan dan Apa­ratur Sipil Negara (Kemen PAN-RB) sebagai rekomendasi ha­sil sidak hari pertama masuk ker­ja pasca cuti lebaran ber­sa­ma.

Sebelumnya, Bupati Jember dr Faida MMR mengingatkan ke­pa­da semua ASN Pemkab Jember un­tuk segera bekerja dan me­layani masyarakat.

“ASN sudah libur lama, hari ini masyarakat menantikan pe­la­ya­nan terbaik dari kita. Tidak ada alasan apapun bagi mereka yang hari ini berdinas. Kita akan cek ti­dak akan terlewati, termasuk yang berdinas di ujung akan kita cek semua,” katanya, usai me­ngadakan Open House di Pen­dopo Wahyawibawagraha. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: