Situs Bersejarah Tempat Abu Bakar RA Jadi Khalifah

Oleh : Iqbal Kholidi – Langsung Dari Madinah

Di Madinah terdapat sebuah tempat bernama SUKAIFAT BANI SAEDAH. Dia berjarak hanya 200m dari Masjid Nabawi namun jarang sekali yang mengetahui tempat bersejarah ini, meskipun sangat dekat dengan Masjid Nabawi.

Sebenarnya lokasi ini sangat mencolok karena berupa taman yang asri, dan berbeda dengan lokasi lainnya yang gersang dan dipenuhi gedung bertingkat. Asal muasal SUKAIFAT BANI SAEDAH, seperti yang di sebutkan dalam kitab shirah, bahwasanya dahulu ketika Nabi Muhammad SAW wafat, para Sahabat Nabi tergoncang dalam duka yang mendalam.

Dalam situasi yang berduka dan berkabung sepeninggal Nabi, beberapa Sahabat Ansor, sebutan bagi penduduk asli Madinah, mereka berkumpul di sebuah kebun kurma, membicarakan kepemimpinan dan mencari pengganti Nabi Muhammad SAW sebagai penerus Khalifah.

Bergerombolnya para sahabat Ansor ini akhirnya terdengar oleh Sayyidina Umar bin Khattab RA, lantas beliau mendatangi kerumunan tersebut. Karena khawatir terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, kemudian Sayyidina Umar bin Khattab RA, sembari mengajak Sayyidina Abu Bakar RA segera mendatangi kerumunan tersebut.

Setelah dialog singkat Umar Bin Khattab RA mengangkat tangan Abu Bakar RA, seraya menyatakan bahwa Abu Bakar lah penerus perjuangan Nabi Muhammad SAW dan langsung di setujui oleh para Sahabat yang hadir di situ.

SUKAIFAT BANI SAEDAH, inilah tempat pengukuhan Abu Bakar tersebut yang kini masih di lestarikan, meskipun terancam tergusur oleh proyekproyek gedung bertingkat yang berkembang pesat di Madinah.

SUKAIFAT BANI SAEDAH Madinah SUKAIFAT BANI SAEDAH yang asri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: