Latsitarda Nusantara 2014 Parade Marching Band di Jember

JEMBER (titik0km.com) – Menjelang di laksanakannya, Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara 2014 ke-34, yang akan digelar pada 10 Mei  – 9 Juni 2014 yang di laksanakan di 4 kabupaten yaitu Banyuwangi, Bondowoso, Jember dan Situbondo, Kabupaten Jember telah mempersiapkan materi dan tempat di langsungkannya Latsitarda Nusantara 2014 di Kecamatan Sumber Jambe dan Kecamatan Pakusari, Kabupaten Jember. Latsitarda Nusantara 2014 yang akan diikuti oleh 851 taruna dan praja dari 3 kesatuan yaitu Akademi Militer AU, AD dan AL serta IPDN.

Menurut Kepala Bappekab Jember, Edi Budi Susilo, Latsitarda Nusantara 2014, ratusan taruna dan praja tingkat akhir akan melakukan banyak aktifitas di Kabupaten Jember. “Untuk Latsitarda Nusantara 2014 Pemkab Jember bersama Kodim 0824 telah melakukan koordinasi pemantapan tentang pelaksanaan kegiatan tersebut,” paparnya setelah memimpin rapat koordinasi Latsitarda 2014 di ruang pertemuan Bappekap Jember pada Senin (5/5) yang juga di hadiri oleh Komandan Kodim 0824 Jember Letkol. Arh Wirawan Yanuartono.

Kegiatan Latsitarda Nusantara 2014 di Jember yang akan di ikuti oleh 329 taruna dan praja serta mahasiswa berprestasi tersebut yang di pusatkan pada dua kecamatan tersebut meliputi kegiatan fisik dan non fisik. Pada kegiatan fisik mengedepankan pemberdayaan masyarakat seperti bergotong royong dengan masyarakat membangun jalan dan pembuatan pupuk organik adalah beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan ratusan praja dan taruna tahap akhir tersebut.

Kegiatan non fisik juga akan banyak dilakukan oleh taruna dan praja seperti pengentasan buta aksara, peyuluhan narkoba, sosialiasi Akmil masing-masing angkatan dan IPDN di sekolah-sekolah juga akan di lakukan,” ujar Edi Budi Susilo.

Para taruna dan praja ini juga berencana akan membangun monumen taruna praja yang akan ditempatkan di kecamatan Kalisat Jember, juga akan mendemonstrasikan kebolehannya unjuk ketrampilan marching band taruna dan praja. Rencanya marching band taruna dan praja ini juga akan dimeriahkan dengan display Joget YUK CT dari RS Bina Sehat Jember, rencananya RS Bina Sehat juga akan mendukung program non fisik dalam bentuk penyuluhan pertolongan gawat darurat untuk masyarakat awam bersama para taruna dan Praja.

Kabupaten Jember harus menjadi tuan rumah yang baik bagi peserta Latsitarda Nusantara 2014 ini, karena kegiatan ini sangat langka dan jarang dilaksanakan di pulau Jawa, biasanya di laksanakan di luar Jawa, karena itu kesiapan Jember sebagai salah satu tuan rumah Latsitarda Nusantara 2014 ini juga harus benar-benar di siapkan agar taruna dan praja mendapatkan bekal saat mereka terjun ke masyarakat,” ujar Wirawan Yanuartono. (ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: