Latsitarda XXXIX Resmi Berakhir, Begini Pesan dari Forpimda Jember

Jember (titik0km.com) – Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-39 di Kabupaten Jember, Jumat (12/4/2019) telah selesai, upacara penutupan ini sendiri berlangsung di Aula PB Soedirman Pemkab Jember, dengan dihadiri jajaran Forkopimda, diantaranya Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR., Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, SH, SIK, MH, dan Dandim 0824 Jember Letkol. Inf. Arif Munawar.

Dalam kesempatan tersebut, baik Bupati, Kapolres maupun Dandim 0824 secara bergantian memberikan pesan kepada para taruna taruni dan Praja, seperti yang disampaikan Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR, bahwa Latsitarda merupakan bagian dari berlatih sinergitas bagi taruna dan praja untuk menjadi pemimpin di tengah-tengah masyarakat.

“Sinergisitas ini melatih taruna untuk meraih sukses bersama-sama di masa depan, dengan berlatih sinergisitas, karena kelak kalian semua akan menjadi pemimpin dimasa mendatang,” ujar bupati.

Menurut Bupati, masyarakat tidak pernah bertanya prestasi ketika menempuh pendidikan. Tetapi, masyarakat akan bertanya seberapa banyak solusi yang diberikan kepada masyarakat dengan ilmu yang dimiliki. “Seberapa kalian peduli, sejatinya itu adalah kehormatan kalian. Orang hanya ingin lihat kepedulian kita semuanya,” ungkap orang nomor satu di Jember ini.

Hal yang sama disampaikan Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo, dalam kesempatan tersebut, Kapolres mengajak para taruna bersyukur menjadi seorang perwira. “Bersyukur kita jadi perwira. Jadi kepompong dulu sampai menjadi perwira. Wujudkan adik-adik bisa menjadi perwira yang baik,” tuturnya.

Para taruna, lanjut Kusworo, nanti setelah menjadi perwira akan memiliki segudang kewenangan. “Dengan kewenangan yang sedemikian besar, kalau tidak dilandasi dengan keimanan akan menjadi monster,” katanya.

Setelah dilantik menjadi perwira bukan untuk dihormati oleh masyarakat. Tetapi, menjadi pelayan masyarakat. “Kita memiliki jiwa pelayan. Berbuat yang terbaik untuk masyarakat. Menjadi pelayan yang baik untuk masyarakat,” Kusworo.

Dandim 0824 Jember, Letkol Inf Arif Munawar, menyampaikan Latsitarda adalah bekal awal untuk kelak saat melaksanakan tugas dan tanggungjawab. Kemampuan untuk interaksi dan sinergi nantinya akan sangat berguna sebagai makhluk sosial. “Kita harus mampu berinterksi kepada sipapun, juga pada apapun,” tuturnya.

Latsitarda ini juga sebagai bekal penugasan untuk sebuah karakter dalam menapaki masa depan. Karena karakter tidak bisa tiba-tiba, tapi harus dimulai sejak dini dan harus diniati dari diri sendiri.

“Dari dalam diri untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan negara. Manakala kita memiliki karakter, kita akan memenuhi nasib kita,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Komandan Resimen Taruna Latihan, Kolonel Inf Trenggono, menyampaikan terimakasih kepada bupati atas dukungan semua sarana kegiatan dan pengamanan. “Sehingga acara ini bisa benar-benar berjalan dengan tertib, aman, lancar dan bisa dikategorikan sukses, banyak kesan dan kenangan yang dirasakan taruna disini. Saya lihat, berkomunikasi dengan masyarakat baik-baik, mereka akan terkesan. Sampai berdinas nanti, Kabupaten Jember tidak akan terlupakan,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: