Lebih Bagus, Ada Arena Bermain untuk Anak Puskesmas Ajung

Jember (titik0km.com) – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) selama ini, selain sebagai fasilitas umum yang melayani pengobatan rawat jalan, juga sebagai tempat rawat inap pasien, sehingga ketika masyarakat datang ke Puskesmas, maka yang terbersit adalah orang sakit.

Namun hal ini tidak sepenuhnya terlihat di Puskesmas Ajung Kabupaten Jember, di Puskesmas yang berada di Desa Klompangan ini, keberadaan Puskesmas Ajung tak ubahnya seperti taman pendidikan anak, hal ini terlihat saat kita memasuki ruang utama Puskesmas Ajung, disudut ruang tunggu akan terlihat deretan mainan layaknya di lembaga pendidikan anak.

“Salah satu dari 22 program kerja Pemkab Jember, yakni merevitalisasi Puskesmas di Jember, saat ini dari 50 Puskesmas yang ada, 27 Puskesmas sudah direvitalisasi, dan 23 sisanya akan diselesaikan pada tahun ini,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR.

Bupati menambahkan, untuk Puskesmas Ajung, bangunannya telah sepenuhnya digunakan, namun karena luas tanah di Puskesmas Ajung berbeda, Bupati menambahkan fasilitas ekstra, yakni arena bermain. “Namun karena luas tanahnya berbeda, sehingga kelengkapan fasilitas standarnya harus sama tapi ada ekstranya,” ungkap bupati.

Fasilitas ekstra tersebut diantaranya Pojok Bermain untuk bermain pasien anak-anak. Fasilitas sudah berjalan baik, yang dibuktikan dengan ada dua petugas promosi kesehatan. Dua petugas promosi kesehatan ini yang mengajak bermain anak-anak. Permainannya diantaranya wayang.

Di puskesmas ini juga ada akses khusus untuk poli typhi, akses difabel, kursi roda juga disiapkan. Ruang ranat inap juga bersih. Pasien juga mengaku tidak ada tarikan lain-lain. “Saya melihat puskesmas sudah sangat menyesuaikan keinginan masyarakat di masa sekarang,” ujarnya.  (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: