Lebihi Kuota Pendaftaran Ditutup

Ekalavya suara brawijayaJEMBER (titik0km.com) –  Peserta yang akan mengikuti marching band clinic dan latihan bersama 1.000 player marching band  13-14 April 2013 di Alun-Alun Jember melebihi target. Dari target 1.000 peserta, ternyata jumlahnya tembis 1.050 orang. Maka dari itulah, pihak panitia terpaksa menutup pendaftaran sebelum hari pelaksanaan. Hal ini disampaikan Tri Basuki, ketua panitia penyelenggara.

“Peserta tersebut berasal dari dalam negeri dan dari luar negeri, Dua orang dari Malaysia dan tiga orang dari Thailand,” ujarnya.  Dijelaskan, animo grup marching band luar negeri ikut marching band clinic dan latihan bersama 1.000 players marching band memang sungguh luar biasa. “Dua anggota marching band Batteryheadz Percussion, Selangor, Malaysia dan tiga orang anggota marching band Bangkok Society Drumline, Thailand menyatakan siap tampil dan hadir di Jember pada 13-14 April mendatang,” tegasnya.

Kedatangan utusan grup marching band dari dua negara tersebut juga dalam rangkaian persiapan Kejuaraan Marching Band  International  bertajuk “Jember Open Marching Competition (JOMC II) 2013” yang akan berlangsung tanggal 20 – 22 September 2013 mendatang. JOMC II ini digelar Koni Jember bekerja sama dengan PDBI Jember dan Jember marching Band (JMB).

Selain itu, drum band corp Symphoney El-Farabi MAN Lamongan juga sudah mendaftar dan menyatakan ikut. Begitu juga dengan 69 orang anggota drum band dari SMA BIMA, Ambulu dan 55 orang dari SMP N 1 Mayang.

Adapun tujuan kegiatan tersebut adalah memberikan bekal ilmu marching konsep kepada para pelatih, khususnya para peserta Internasional JOMC II serta para pelatih yang berdomisili di Jember dan seluruh Indonesia pada umumnya.

“Sekaligus memberikan bekal tehnik dan motivasi kepada para pemain agar dapat memberikan penampilan yang maksimal pada kejuaraan International JOMC II-2013 dan memupuk rasa persaudaraan antar pemain marching band di Indonesia dan dunia,” papar Tri Basuki, ketua panitia JOMC II 2013.

Band corp Symphoney El-Farabi MAN LamonganMasih menurut Tri Basuki, untuk grup marching band dari Indonesia yang juga bakal ikut berasal dari Salatiga, Lamongan, Sidoarjo, Mojokerto, dan Malang. “Grup marching band dari Trenggalek, Cirebon, Bandung, Jakarta, Medan, Jember, Bali, Surabaya, dan Aceh, juga akan hadir dan sudah mendaftar,” ujarnya.

Menariknya, narasumber atau pemateri yang dihadirkan nanti adalah para juri yang akan menilai pada Kejuaraan International JOMC II. Sebanyak 6 juri dari Indonesia, satu orang juri dari Thailand, satu juri dari Jepang, satu juri dari Singapore dan satu juri lagi dari Amerika. (tnk)

,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: