Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Entrepreneur » Libatkan Dalam Pembangunan Daerah, Sekda Sebut Difabel Memiliki Peran Penting

Libatkan Dalam Pembangunan Daerah, Sekda Sebut Difabel Memiliki Peran Penting

Libatkan Dalam Pembangunan Daerah, Sekda Sebut Difabel Memiliki Peran Penting

Jember (titik0km.com) – Kaum Difabel atau penyandang cacat merupakan salah satu elemen penting dalam pembangunan. Kemampuan dan sumbangsihnya dalam pembangunan di berbagai bidang, merupakan hal yang patut diapresiasi untuk selanjutnya dituangkan dalam kebijakan daerah.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Jember, Ir. Mirfano dalam pembukaan sosialisasi Perda No. 7 th 2016 tentang Perlindungan dan Pemenuhan hak-hak disabilitas serta Peraturan Bupati No. 16 tahun 2017 di Aula KB, Selasa (6/11/2018). Ia menyatakan, saat ini dalam menyusun kebijakan daerah, birokrasi tidak lagi menggunakan landasan clean goverment.

“Kita sudah dituntut untuk open government, jadi keterbukaan publik sudah menjadi kebutuhan. Sama halnya dengan disabilitas ini, yang harus terapresiasi dan terakomodasi dengan baik dalam kebijakan daerah, dan mudah-mudahan ada feed back dari acara ini untuk penyempurnaan kebijakan selanjutnya,” ujarnya.

Disamping itu, ada 3 pilar utama dalam menentukan kebijakan daerah, termasuk disabilitas ini, yakni transparansi, partisipasi dan inovasi. “Ketiga pilar itu juga harus didasari oleh basis teknologi, dan saya harapkan disabilitas Jember ini juga harus menguasai teknologi, supaya nampu berkiprah dengan baik di masyarakat,” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Jember, Isnaini Dwi Susanti, sosialisasi ini adalah langkah pendukung untuk mewujudkan Jember ramah disabilitas. “Jadi bukan hanya perlindungan, tetapi hak-hak mereka juga harus dipenuhi. Seperti halnya job market fair, setidaknya setahun sekali harus terselenggarakan untuk disabilitas,” ujarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Jember masih masih belum memiliki Komisi Daerah Disabilitas yang nantinya akan memberikan kontrol terhadap pelaksanaan perlindungan dan pemenuhan hak-hak disabilitas. “Anggotanya nanti juga dari berbagai kalangan, termasuk swasta, dan Komda Disabilitas ini akan menjadi ruang khusus break down bagi pelaksanaan perda dan perbup soal disabilitas,” pungkasnya. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top