Line Up Gitaran Sore November 2013 Jubing Kristianto

Jubing Kristianto dilahirkan di kota Semarang, Jawa Tengah pada tanggal 9 April 1966. Ia dikenal sebagai seorang gitaris fingerstyle Indonesia yang banyak menjelajahi berbagai repertoar dengan mengandalkan basic gitar klasik yang dikuasainya.

Kepiawaiannya bermain gitar dimulai semenjak usia 12 tahun. Dua tahun kemudian Jubing belajar gitar klasik pada Suhartono Lukito di Semarang, setelah terpikat permainan gitar tunggal seorang teman. Setahun kemudian dia masuk final Yamaha Festival Gitar Indonesia (YFGI) 1982 untuk bagian bebas atau non klasik.Sejak itu Jubing kerap mengikuti YFGI-selalu di kategori bebas.

Empat gelar juara I (tahun 1987, 1992, 1994, dan 1995) ia raih. Tahun 1984 ia meraih Distinguished Award pada Festival Gitar Yamaha se-Asia Tenggara di Hongkong.

Setelah lulus kuliah di Jubing sempat bekerja di Tabloid Nova sebagai jurnalis di awal tahun 90-an. Tahun 2003, Jubing meninggalkan tabloid NOVA demi menjadi gitaris. Jubing kemudian dikenal sebagai instruktur dan penguji gitar di Yayasan Musik Indonesia (Yamaha) dan Sekolah Musik “Relasi” Jakarta. Selain itu, ia menjadi kontributor di majalah edukasi musik “Staccato” dan “GitarPlus”, serta berkonser/rekaman bersama sejumlah grup di dalam dan luar negeri, termasuk bersama Kwartet Punakawan yang dipimpin pianis Jaya Suprana.

Tahun 2007 Jubing meluncurkan CD album solo gitar pertamanya bertajuk “Becak Fantasy” yang diproduksi label IMC Record. Album perdananya tersebut terbilang cukup sukses karena banyak memberikan inspirasi. Menyusul sukses album pertama, lahir album-album berikutnya seperti “Hujan Fantasy” (2008), “Delman Fantasy” (2009), serta Kaki Langit (2011).

Selain itu, Jubing telah menulis “Gitarpedia:  Buku Pintar Gitaris” (2005) dan “Membongkar Rahasia Chord Gitar” (2007). Keduanya diterbitkan Gramedia Pustaka Utama dan telah berkali-kali cetak ulang. Ia juga sempat diakui oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai “Gitaris Indonesia Pertama yang Menyebarluaskan Komposisi dan Aransemen Gitar Pribadi Secara Gratis di Internet” di tahun 2008. (*)

JUBING KRISTANTO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: