Sebelum Menuju Jedah, Istirahat Semalam

IMG-2013012714353(Seri1/bersambung)

MAKKAH (titik0km.com) – Ratusan warga Jember kini sedang menjalani ibadah umroh di tanah suci makah. Salah satunya dijalani keluarga Iif Ardi, pengusaha dari Jember yang berangkat umroh bersam a keluarganya. Iif Ardi akan memberikan laporan perjalanan umroh warga Jember langsung dari Makah untuk pembaca media online www.titik0km.com. Inilah kisah perjalanannya.

Umroh merupakan ibadah yang hampir sama dengan haji. Selain niat lillahitaala, dibutuhkan fisik dan mental yang kuat selama menjalani umroh, hanya tanpa prosesi armina.

Perjalanan dari Jember sampai tanah suci cukup lama. Perjalanan dari Jember menuju bandara Juanda sekitar 4 jam, “Masih menunggu boarding sekitar 2 jam,” ujar Iif Ardi.

Perjalanan dilanjutkan dari bandara Juanda Cengkareng sekitar 1 jam dengan naik pesawat. “Transit dan boarding sekitar 3 jam. Baru kemudian dari Cengkareng menuju Jedah membutuhkan waktu sekitar 9 jam,” papar anggota Gapensi Jember ini.

 Setelah tiba di Jedah, dilakukan pemeriksaan pasport dan visa. Tiga jam berikutnya, rombongan jamaah naik bus dari Jedah menju Madinah. “Dibutuhkan waktu sekitar  6 jam. Total waktu perjalanan sekitar sehari semalam,” paparnya.

Iif ardiMengetahui waktu yang dibutuhkan menuju tanah suci begitu panjang, menurut Iif  Ardi, rombongan sempat menginap semalam di Surabaya, sebelum beangkat ke Jedah. “Untuk menghemat tenaga, rombongan menginap semalam di Surabaya. Baru Setelah salat subuh menuju Juanda dan sampai Madinah sekitar pukul 2 pagi,” tegasnya.

Dijelaskan, rombongan sempat ibadah salat fardu di maesjid Nabawi, tempat rosulullah dimakamkan dan ziarah ke makam baqi, jabal uhud, jabal magnit, dan masjid bersejarah. (tnt/bersambung)

One thought on “Sebelum Menuju Jedah, Istirahat Semalam

  1. wahh bosnya umroh lagi. Jangan lupa bos doanya untuk jember agar semakin banyak yang umroh dan naik haji. Salah buat rombongan dari Jember. Infokan semuanya biar keluarga di Jember tahu bos. lanjutkan. Fotone magaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: