LKP Oxfrod Jember Gelar Uji Kompentensi Bahasa Inggris

JEMBER (titik0km.com)  – Uji Kompetensi Bahasa Inggris merupakan suatu cara untuk mengevaluasi atau mengukur kemampuan dalam berbahasa Inggris. Uji kompetensi itu meliputi beberapa materi yang diberikan seperti Speaking, Reading, Writing, dan Listening.

Menurut Novi Haryati dari LKP Oxford, dalam penyelenggaraannya LKP OXFORD hanya bertugas sebagai Tempat Uji Kompetensi Bahasa Inggris (TUKBIG), sedangkan untuk mekanisme, pembuatan soal, dan tim pengujinya yaitu langsung dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi Bahasa Inggris LSKBIG Jakarta. “Jangka waktu pelaksanaan Uji Kompetensi yang ada di TUKBIG LKP OXFORD yaitu dua kali dalam satu tahun. Uji Kompetensi Bahasa Inggris ini ada 3 level yang bisa ditempuh, yaitu Survival English  atau SE, Communication in English atau CE, dan Advanced Communication in English atau ACE,” ujar Novi Haryati.

Pada Uji Kompetensi periode November 2013 ini diselenggarakan pada hari Minggu, 24 November 2013 serta diikuti 46 peserta ujian dengan uji kompetensi level Survival English. Peserta juga datang dari beberapa lembaga kursus yang ada di Jember diantaranya yaitu, LKP OXFORD, LKP SECC Tanggul, LKP Rose, dan Winda’s English Course.

Sebelum pelaksanaan Uji Kompetensi, TUKBIG LKP OXFORD menyelenggarakan kegiatan Try Out UK. Hal ini dimaksudkan untuk melatih peserta agar pada pelaksanaannya peserta sudah mengetahui mekanisme pelaksanaan Uji Kompetensi dan memiliki persiapan guna meraih hasil yang memuaskan.

Dalam pelaksanaan Uji Kompetensi dimulai dengan penjelasan dari panitia, serta dilanjutkan pembukaan dari ketua penyelenggara, pejabat dari DIKNAS Jember, dan perwakilan dari LSKBIG Jakarta. Uji kompetensi sendiri terdiri dari dua bagian ujian speaking dengan durasi 2,5 jam, dan selanjutnya melakukan ujian tulis  dengan durasi 2 Jam. Semua materi ujian dilaksanakan di Hall Room LKP OXFORD Jember.

Setelah rangkaian acara Uji Kompetensi selesai dilaksanakan, maka selanjutnya panitia beserta penguji dari LSKBIG Jakarta melaksanakan prosesi penandatanganan berkas – berkas berita acara pelaksanaan Uji Kompetensi.

Sedangkan untuk soal dan lembar jawaban akan dibawa oleh penguji dari LSKBIG Jakarta untuk selanjutnya akan dikoreksi. Berkas hasil ujian nantinya akan diserahkan ke TUKBIG LKP OXFORD untuk diumumkan keseluruh peserta yang dinyatakan lulus atau kompeten dari berbagai lembaga kursus. (asd)

Serah terima naskah soal Uji kompetensi bulan November

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: