LSM Gema Tipikor Pertanyakan Penanganan Kasus Korupsi

LSM Gema Tipikor saat datangi kejaksaanJEMBER (titik0km.com) – LSM Gema Tipikor Nusantara mendatangikantor kejaksaan negeri Jember (Kejari) guna menanyakan berbagai penanganan kasus dugaan korupsi yang sudah dilaporkan ke kejaksaan. LSM Gema Tipikor memandang, penanganan penanganan berbagai kasus korupsi yang ditangani pihak Kejaksaan Negeri Jember masih lamban dan belum tuntas.

Beberapa kasus dugaan korupsi yang ditanyakan adalah kasus Lapter Notohadinegoro, kasus pengadaan laptop di Dispendik Jember, kasus PJU di Dinas PU Cipta Karya Jember hingga kasus pelepasan tanah eks Brigif 9 yang belum juga selesai.

Sebelumnya, tiga hari lalu, beberapa ketua LSM yang tergabung dalam Gema Tipikor Nusantara Jember telah menghadap ke Asitel di kejaksaan Tinggi Surabaya untuk menanyakan permasalahan kasus tersebut. Hasilnya, Kajati telah memerintahkan Kajari Jember untuk menindaklanjuti beberapa kasus tersebut.

“Kami tiga hari lalu sudah menemui Asintel di Kejati Surabaya untuk menanyakan beberapa kasus Jember yang belum selesai dan jawaban dari Asintel, Kajati sudah memerintahkan kepada Kajari untuk menindak lanjuti kasus-kasus tersebut,” ujar Baharudin dari Gema Tipikor

Baharudin menambahkan, dari jawaban tersebut, akhirnya hari ini LSM mendatangi Kejari Jember untuk menanyakan hal itu.

Saat berada di kantor Kejaksaan Negeri Jember, aktivis LSM ini  hanya ditemui Kasi Pidsus Kejari Jember, Moch Hambaliyanto SH. Kepada Baharudin, Hambali berjanji akan menangani permasalahan kasus-kasus Jember sesuai perintah atasannya. Apalagi, sudah ada batas waktu dari Kajati Jatim untuk menindaklanjuti berbagai masalah pada tanggal 18 Februari 2013 mendatang

“Untuk penanganan kasus-kasus yang belum selesai, jika Kajari memerintahkan saya untuk menindaklanjutinya, saya akan menindaklanjuti sesuai perintah. Kita juga telah diberi batas waktu oleh Kajati Jatim untuk segera menindaklanjuti kasus-kasus yang ada di Jember hingga 18 Februari 2013 mendatang,” tegasnya.

Usai menemui gabungan LSM Gema Tipikor Nusantara Jember, Hambali kepada sejumlah wartawan menegaskan, khusus untuk masalah Lapter Notohadinegoro yang kasusnya masih belum selesai, pihak Kejari sudah mengirim surat kepada BPK untuk menindaklanjuti masalah tersebut. BPK meminta kepada Kejari Jember untuk melengkapi beberapa dokumen yang dianggap perlu untuk melengkapi kasus masalah lapter Notohadinegoro. (ofa) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: