Mawapres, Fakultas Hukum Torehkan Prestasi

mahasiswa-berprestasiJEMBER (titik0km.com) – Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) Universitas Jember tahun 2013 ini menorehkan sejarah tersendiri bagi Fakultas Hukum. Mengapa tidak, setelah bertahun-tahun gelar juara mawapres selalu disabet Fakultas Kedokteran (FK), tahun 2013 gelar juara berhasil diraih mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Jember. Dia adalah Ananda Naila Rizki Zakiah atau akrab disapa Naila.

Pemilihan mawapres ini dilaksanakan di Gedung Rektorat Unej, siang hari ini (1/5) dan diikuti seluruh mahasiswa berprestasi pilihan dari setiap fakultas maupun program studi yang ada di Universitas Jember. Melalui serangkaian tes seleksi yang dimulai dari masing-masing tingkat fakultas hingga menuju tingkat universitas

Mawapres tahun 2013 kali ini diikuti 37 peserta dari seluruh perwakilan fakultas di Universitas Jember. Selanjutnya, berkas berupa karya tulis ilmiah (KTI) serta serangkaian tes meliputi bahasa Inggris menyaring peserta tersebut menjadi 15 kandidat mawapres.

Kelimabelas kandidat tersebut selanjutnya melaksanakan serangkaian tes, meliputi presentasi KTI dalam bahasa Indonesia, presentasi dalam bahasa Inggris, serta tes kepribadian. Tes-tes tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menyeleksi mahasiswa yang benar-benar berkualitas, baik di sisi kognitif maupun kepribadiannya (moral serta etika).

“Tes tersebut telah dilaksanakan pada 23-25 Mei lalu,” ujar Edi selaku ketua panitia seleksi Mawapres Universitas Jember tahun 2013. Dijelaskan, dari 15 kandidat mawapres, dimampatkanlah jumlah kandidat hanya menjadi 5 orang. Hasilnya, kata dia, terpilih Asihanti Rosita Ferdiana, Winang Surya Utama, Rosyid Ridho, Naila Rizki Zakiah, serta Hendri Jaya Permana.

Kelima kandidat tersebut selanjutnya menjalani tes ketiga berupa uji publik yang dilaksanakan 1 Mei 2013 di Gedung Rektorat Universitas Jember lantai 3. Suasana tegang menyelimuti sanubari keempat kandidat. Satu kandidat tidak dapat menghadiri uji publik tersebut dikarenakan sedang mendapat tugas di luar negeri, yakni mengikuti lomba karya ilmiah di Taiwan. Namun, keadaan tersebut tidak merubah essensi dari seleksi mawapres tahun ini.

Euphoria kompetisi tampak jelas saat sesi seleksi debat dimulai. Masing-masing kandidat berusaha mempertahankan argumentasinya dengan pemikiran logis dan penyampaian yang lugas. Setiap kandidat menampilkan performa terbaiknya dalam kompetisi mawapres ini.

“Potensi yang menjadi kelebihan saya bila terpilih menjadi mawapres adalah saya selalu berusaha untuk terus belajar dan memajukan nama baik almamater saya serta keluarga saya,” salah satu jawaban singkat nan tegas disampaikan Naila saat menjawab pertanyaan dari dewan juri. Proses uji publik ditutup dengan acara sharing dari pihak kandidat dengan para undangan yang hadir.

Suasana di ruangan semakin menegang saat detik-detik pengumuman juara mawapres tiba. Wajah para kadidat mawapres kembali terlihat pucat menunggu pengumuman tersebut. Hal yang sama juga tampak pada setiap wajah para undangan yang hadir dalam acara tersebut.

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, yang merupakan nilai kumulatif dari seleksi kedua berupa tes presentasi dan kepribadian, serta nilai dari seleksi ketiga berupa uji publik. Akhirnya, dewan juri menetapkan dan memutuskan bahwa yang menjadi juara dalam ajang mawapres Universitas Jember tahun 2013 adalah Saudari Naila Rizki Zakiah dari Fakultas Hukum. Sedangkan posisi kedua diduduki Asihanti (FK) dan disusul Winang (FKIP), Hendri (FKG), serta Rosyid (FTP).

“Suatu kebanggaan tersendiri bagi saya telah menerima penghargaan ini. Kedepannya, semoga saya bisa mengemban amanah ini hingga tingkat nasional,” ujar Naila sesaat setelah memperoleh kemenangan atas mawapres tersebut. Dan kemenangan tersebut menjadi salah satu torehan prestasi yang berhasil ia sumbangkan kepada almamaternya, yakni Fakultas Hukum Universitas Jember. (ama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: