Memaknai Nasionalisme Gaya Kampung Di Peringatan 68 Tahun RI

JEMBER (titik0km.com) – Memaknai 68 tahun peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia memang bukan hanya menjadi dominasi instansi atau perkantoran dengan berbagai atribut upacara dan tata acara yang sakral. Sebut saja Karang Taruna di lingkungan pagah, RT 2/RW 17, Kelurahan Jember Lor, Jember ini sepertinya tidak mau kalah dengan upacara yang setiap tahun digelar di Alun-alun Jember, pasalnya mereka juga menggelar upacara 17 Agustus-an di lapangan badminton kampung mereka dengan cara mereka sendiri, namun tetap dalam suasana khidmat, pada hari Sabtu (17/08) pk 10.00 wib.

Menurut Arif Maladi, Ketua RT 2/RW 17 Jember Lor, upacara 17 Agustus ini murni merupakan ide dari Karang Taruna Lingkungan Pagah yang ingin merayakan Kemerdekaan RI yang ke 68 dengan cara yang berbeda dan lebih mendalami arti nasionalisme itu sendiri, “Ya, ditengah menurunnya kesadaran dan memaknai arti nasionalisme itu kan banyak cara, jadi waktu adik-adik karang taruna melontarkan ide mereka ingin memperingati Kemerdekaan RI ke 68 di kampung, kami juga turut senang karena ternyata ada kesadaran dari generasi muda di lingkungan Pagah Jember ini,” kata Arif Maladi.

Uniknya, peserta upacara yang didominasi warga lingkungan Pagah Jember ini, juga mengenakan pakaian layaknya pejuang dan busana nasional untuk ibu-ibunya, bahkan lengkap dengan pasukan pengibar bendera dan pemimpin upacara yang menggunakan seragam doreng khas TNI. Upacara sendiri berlangsung khidmat dengan susunan yang tidak jauh beda ketika mengikuti upacara kemerdekaan yang formal. Bahkan dengan pembacaan teks proklamasi dan paduan suara yang menyanyikan lagu-lagu perjuangan, hanya bedanya upacara yang dilaksanakan di sebuah lapangan badminton di kampung pagah Jember itu jauh dari mewah namun tetap berlangsung rapi dan khusuk, seperti Upacara Kemerdekaan Pemkab Jember, yang berlangsung di Alun-Alun Jember yang berjarak cuma kurang lebih 1 km dari Kampung Pagah Jember.

Di upacara Kemerdekaan Ala Kampung Pagah itu juga nampak hadir veteran RI, Paiman yang merupakan pensiunan TNI AL dengan pangkat terakhir Sersan Mayor, Paiman merasa bangga dengan apa yang upacara yang dilakukan di kampung seperti ini, “Supaya generasi muda itu memahami apa arti kemerdekaan yang diproklamirkan oleh Soekarno dan Hatta, jadi biar adik-adik ini juga memahami arti perjuangan dan mempertahankan kemerdekaan itu seperti apa, ya saya bangga dengan apa yang dilakukan oleh generasi muda di lingkungan Pagah Jember ini, masih merasa perlu memahami arti nasionalisme dalam bentuk upacara yang sederhana seperti ini,” ujar Paiman yang pensiun dari TNI AL tahun 1992 ini.

Memaknai Nasionalisme dan Kemerdekaan memang tidak harus dituliskan secara resmi, tidak juga diwujudkan dalam upacara yang mewah. Nilai nasionalisme dan kemerdekaan jauh terasa jika warga bangsa seperti Kampung Pagah Jember ini juga memaknai dalam rasa kebersamaan dan memahami arti 68 tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang tercinta ini dengan keguyuban ala kampung.

Dirgahayu 68 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. (ias)

Upacara Kemerdekaan di Kampung Pagah Jember diadakan di lapangan badminton kampung namun tetap khidmat dengan pasukan pengibar bendera Merah Putih dari karang taruna lingkungan Pagah Upacara Kemerdekaan di Kampung Pagah Jember dan pasukan pengibar bendera Merah Putih dari karang taruna lingkungan Pagah Jember Pasukan Pengibar Bendera Karang Taruna Lingkungan Pagah Jember sederhana namun bersemangat Pembacaan Teks Proklamasi oleh Pemimpin Upacara Arif Maladi Ketua RT 2 Lingkungan Pagah Jember Paiman Anggota Veteran RI pensiun Sersam Mayor TNI AL mengaku bangga dengan upacara yang dilakukan oleh Karang Taruna Lingkungan Pagah ini Upacara Kemerdekaan di Kampung Pagah Jember diadakan di lapangan badminton kampung tetap semarak dengan hadirnya kostum pejuang

3 thoughts on “Memaknai Nasionalisme Gaya Kampung Di Peringatan 68 Tahun RI

  1. upacara yang luar biasa sederhana tp mengandung makna dan arti krn diadakan pas bersamaan waktu detik2 proklamasi kemerdekaan RI RT. 02 RW. 17 TOP BGT moga slu sukses kedepannya selalu berjaya lebih berkreatif dalam kegiatan2 berikutnya ggot luck n sukses selalu

    1. Mantab…..makin kreatif dan jaga terus rasa nasionalisme. lanjutkan perjuangan para pahlawan qt…..! respect

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: