Membangun Body Mind Soul Perawat

BANGKALAN (titik0km.com) – Menjadikan perawat Indonesia sebagai perawat andalan serta dapat mengisi kebutuhan perawat di luar negeri memang menjadi sebuah keharusan. Selain memberikan pelayanan kesehatan yang prima juga menangkap peluang di bidang kesehatan terutama kebutuhan perawat untuk bidang kesehatan, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Hal ini disampaikan dr. Faida MMR pada kuliah terbuka di STIKES Ngudia Husada Madura (NHM) di Bangkalan, (28/09) dihadapan puluhan mahasiswa STIKES NHM Bangkalan.

Menurut dr. Faida MMR, kebutuhan perawat untuk seluruh dunia selalu meningkat setiap tahunnya, terutama kebutuhan perawat diluar negeri, “Sampai 2010 kemarin penyerapan tenaga perawat mencapai 8rb orang pertahun, peluang ini sangat terbuka bagi perawat di Indonesia terutama untuk memenuhi kebutuhan perawat di luar negeri,” jelas dr. Faida MMR

“Membangun tenaga keperawatan yang tangguh itu memang tidak mudah, karena fokus utama adalah keselamatan pasien, sehingga perawat juga harus di bangun secara body, mind dan soul, dimana body merupakan kesejahteraan perawat, mind adalah pengetahuan keterampilan dan pengalaman SDM, serta soul adalah kematangan jiwa, aspek rohani dan jiwa kemanusiaan,” kata Faida.

RS Bina Sehat Jember dan RS Al Huda Genteng Banyuwangi, sendiri telah memberangkatkan sebanyak 146 tenaga perawat bersertifikat internasional  ke beberapa negara selama kurun waktu tahun 2007 s/d 2103 ke Arab Saudi, Kuwait serta Dubai, “Untuk perawat di Dubai ini, adalah pertamakalinya perawat Indonesia bisa bekerja di Uni Emirat Arab, ini merupakan prestasi tersendiri bagi perawat Indonesia, dan ini membuktikan ketika perawat Indonesia teruji secara kompentensi serta kemampuanny, bisa bersaing dengan tenaga perawat dari negara lain,” ujar Faida lagi.

Pada kesempatan yang sama, RS Bina Sehat Jember juga melakukan MoU dengan STIKES NHM Bangkalan , termasuk didalamnya adalah proses rekrutmen tenaga perawat RS Bina Sehat Jember dari lulusan STIKES NHM Bangkalan. (ias)   

Penandatanganan MoU Stikes Ngudia Husada Madura dan RS Bina Sehat Jember Sabtu 28 Sept 2013 di Bangkalan Madura Membangun body, mind, soul, sumber daya keperawatan RS melalui program pelatihan dan penempatan kerja di RS Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: