Mendag Enggartiasto Lukita : “Jember Miliki Keunggulan Produk Lokal Yang Tidak Dimiliki Daerah Lain di Indonesia”

 

JEMBER (titik0km.com) – Menteri Perdagangan (Mendag) RI Enggartiasto Lukita, Kamis (16/3/2017) melakukan kunjungan kerja di Jember, dalam kunjungannya, Mendag mengagumi beberapa produk asli Jember yang tidak dimiliki oleh daerah di Indonesia, sehingga hal ini menjadi daya tarik dan nilai lebih untuk kabupaten Jember.

“Jember memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk pasar dunia, diantaranya Kopi, Coklat dan Edamame, dan tidak semua daerah di Indonesia memiliki komoditas seperti ini, dari kemasan yang saya lihat, ada diantara beberapa komoditas itu sudah di ekspor ke luar negeri, tapi kami ingin, produk ini pasar ekspornya dikembangkan, kami akan membantu pengembangan sampai ke eropa maupun Afrika,” ujar Enggartiasto yang datang ke Jember dengan didampingi Istri dan Kepala Disperindag Propinsi Jember.

Bahkan Mendag pada kesempatan tersebut juga mencicipi beberapa coklat produksi Puslit Koka serta coklat yang dibuat dari Edamame, “Tadi lumayan lho rasanya, apalagi coklat yang dibuat dari edamame, ini yang menjadi unggulan dari Jember, sebab tidak semua daerah memiliki komoditas seperti ini, sehingga pemasarannya lebih mudah, karena tidak banyak persaingan,” ujar Mendag.

Sementara Bupati Jember dr. Faida MMR selaku tuan rumah menyambut baik apa yang disampaikan oleh Menteri Pedagangan yang akan membantu menambah pasar ekspor produk lokal Jember, selama ini kopi asal Jember hanya banyak diminati oleh pasar Asia, seperti Malaysia, Jepang dan Singapore.

“Kami merasa senang dan bersyukur jika bapak menteri bersedia membantu mengembangkan pangsa pasar produk IKM kami, karena memang harapan kami produk Jember bisa berjaya tidak hanya di negeri sendiri, bila perlu menguasai pasar Internasional,” ujar Faida. (MYN/AL1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: