Meski Lebaran, Dispendukcapil Pemkab Jember Tetap Layani Pengambilan Adminduk

Jember (titik0km.com) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Jember memastikan tetap buka selama lebaran dan akan melayani warga masyarakat Jember yang hendak mengambil dokumen kependudukan yang sudah diajukan sebelumnya, hal ini disampaikan Kadispendukcapil Pemkab Jember Sri Wahyuniati kepada wartawan Jumat (7/6/2018).

“Selama libur bersama lebaran Idul Fitri kami tetap membuka pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di kantor Dispenduk, layanan selama lebaran hanya diperuntukkan bagi warga yang hendak mengambil dokumen kependudukan yang telah di ajukan sebelumnya oleh warga masyarakat Jember berupa Kartu Keluarga (KK), KTP el, maupun Akta Kelahiran,” ujar Yuni panggilan akrab Sri Wahyuniati.

Selain pengambilan dokuman adminduk yang sudah diajukan warga sebelumnya, Yuni juga mengatakan bahwa warga yang hendak melakukan perekaman KTP el juga masih dilayani selama lebaran, “Selain pengambilan adminduk, petugas kami juga melayani perekaman KTP el yang juga langsung dibuatkan Surat Keterangan (Suket) sebagai pengganti KTP el sementara,” jlentreh Yuni.

Yuni menjelaskan, kenapa hanya pengambilan dan perekaman yang dilayani, hal ini disamping sebagai mempercepat proses adminduk, juga karena selama lebaran server yang ada di Kependudukan pusat di Jakarta Offline alias tidak hidup, sehingga Dispenduk tidak bisa melakukan entry data secara online.

Yuni menambahkan, pelayanan seperti ini biasa dia lakukan pada saat liburan lebaran tiba. Karena setiap lebaran Idul Fitri banyak warga yang mudik pulang ke kampung halamannya. Jadi bagi warga merantau jauh dan melakukan perekaman ahirnya bisa terlayani dengan baik.

“Kami hanya melayani di kantor Dispendukcapil saja yang ada di jalan jawa, sedangkan layanan adminduk di tempat lain seperti di Mall Roxy dan tempat layanan lainnya kami liburkan sampai 13 Juni, kegiatan ini sebagai upaya untuk percepatan dalam penuntasan kepemilikan kependudukan seperti yang telah disampaikan Bupati dan Wakil Bupati Jember,” pungkas Sri Wahyuniati. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: