MWC NU Ambulu Selenggarakan Capacity Building

Peningkatan Kapasitas MWC NU AmbuluJEMBER (titik0km.com) – Penyegaran dan peningkatan mutu organisasi adalah mutlak diperlukan untuk memberikan kemampuan melayani anggota dalam organisasi tersebut. Dalam upaya pemantapan dan perbaikan organisasi NU, MWC NU Ambulu Jember menyelenggarakan “Pelatihan Administrasi dan Manajemen Organisasi” bertempat di Aula Madrasah Aliyah Ma’arif Ambulu yang telah berlangsung beberapa waktu yang lalu (28/04).

Peserta pelatihan terdiri dari Pengurus Ranting, MWC NU, Lembaga dan Badan Otonom NU. Diundang sebagai narasumber HM. Misbahus Salam, M.Pd.I (Sekretaris PCNU Jember), yang pernah diutus PBNU untuk ikut workshop manajemen pendidikan di kampus MIHE di Inggris.

Dalam penyampaiannya Misbah menjelaskan tentang materi LEADERSHIP DAN MANAGAMENT”. Ada beberapa hal yang prinsip ada pada leader : 1) Vision and future of the organization yang mengupas tentang memiliki visi dalam membawa masa depan organisasi; 2) Strategic Factors berupa pembahasan berfikir dengan faktor – faktor yang strategis; 3) Tranformation untuk dapat melakukan perubahan – perubahan mendasar; 4) Working with team yang menjelaskan bagaimana bekerja secara group atau dengan tim dan tidak menjalankan monopoli; 5) Doing the right things yaitu melaksanakan sesuatu yang benar.

Misbah juga menyampaikan ada beberapa hal yang juga prinsip dalam manajemen; 1) Current organization and implementation  berupa perbaikan kondisi organisasi saat ini dan  implementasinya; 2) Operational factors adalah melengkapi faktor – operasional dalam organisasi; 3) Transaction upaya distribusi antar personal dengan rasa tanggung jawab; 4) Working with systems yang menekankan selalu bekerja secara group/tim; 5) Doing things right yaitu melakukan sesuatu dengan benar.

 “Jika organisasi menerapkan beberapa kriteria yang ada dalam Leader dan menejemen tersebut, diharapkan organisasi tersebut akan maju dan kuat. Untuk pelatihan semacan Pelatihan Administrasi dan Manajemen Organisasi ini diharapkan banyak dilakukan dari tingkat ranting, karena ranting dan pengurusnya  yang langsung bersentuhan dan berhadapan dengan ummat,” ujar Misbahul Salam

 Baik tidaknya ummat, masuk atau tidaknya aliran diluar NU sangat bertumpu pada kinerja Pengurus Ranting NU itu. “Oleh karena itu nanti dalam Muktamar yang akan datang perlu diusulkan Pengurus Ranting diganti nama menjadi Pengurus Lapangan Pengurus Besar NU atau PLPBNU, dan rencananya pelatihan semacam ini akan juga dilaksanakan di Pengurus ranting NU yang lainnya dan dilakukan secara berkala,” pungkas Misbahul Salam. (ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: