Obor Marsinah Menggelar Panggung Rakyat

SURABAYA (titik0km.com) – Barangkali masih banyak yang mengingat nama seorang Marsinah, seorang buruh perempuan yang meninggal 21 tahun itu. Puluhan aktivis yang tergabung dalam Koalisi Bersama Politik Kerakyatan Untuk Marsinah (Obor Marsinah) Surabaya menggelar acara yang panggung rakyat di Tandon Herman-Bimo, Kampus B Universitas Airlangga, Kamis (10/4).

Acara yang bertajuk “Panggung Rakyat Obor Marsinah” ini digelar oleh Obor Marsinah Surabaya yang terdiri dari beberpa organisasi yakni, SBK, Sebumi, LAMRI Surabaya, GMNI, SPN, SPSI, dan UKM Seni Amukti Wijaya dari Universitas Wijaya Kusuma.

Koordinator Acara, Andik Peci, menjelaskan bahwa acara ini diadakan sebagai aksi persiapan untuk memperingati 21 tahun meninggalnya Marsinah, buruh perempuan yang meninggal.

“Kami sebenarnya kampanye kepada kawan-kawan mahasiswa agara mereka paham siapa itu Marsinah. Aksi ini dalam satu isu juga menuntut kepada pemerintah agar Marsinah dijadikan sebagai Pahlawan Buruh Nasional,” terang Andik.

Andik menambahkan bahwa Obor Marsinah juga mendesak kepada pemerintah untuk mengusut tuntas kasus kematian Marsinah agar terungkap. Selain itu juga agar pemerintah tidak melakukan tindak kekerasan lagi terhadap buruh dan masyarkat lainnya.

“Acara ini kami mulai dengan orasi dari kawan-kawan aktivis, dilanjutkan dengan teatrikal, lalu panggung seni musik dan terakhir kegiatan kreatifitas seni cukil. Untuk seni cukil kami terbuka bagi khalayak umum jika mau menyablonkan kaos dan hasil seni cukil itu. Untuk setiap sablon dikenakan biaya Rp 5000,” kata Andik.

Dana yang terkumpul ini akan dipakai untuk menggelar aksi selanjutnya yang akan diadakan setiap minggu di beberapa Universitas dan tempat umum sampai pada tanggal 1 dan 8 Mei 2014. (adt/ias)

Gelar Panggung Rakyat Obor Marsinah menuntut kepada pemerintah agar Marsinah dijadikan sebagai Pahlawan Buruh Nasional Obor Marsinah menuntut kepada pemerintah agar Marsinah dijadikan sebagai Pahlawan Buruh NasionalGelar Panggung Rakyat Obor Marsinah menuntut kepada pemerintah agar Marsinah dijadikan sebagai Pahlawan Buruh Nasional Obor Marsinah menuntut kepada pemerintah agar Marsinah dijadikan sebagai Pahlawan Buruh Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: