Orang Tua Pasien Ikut Dampingi

Petugas sedang melakukan pendataan peserta ScreeningJEMBER (titik0km.com) – Kegiatan operasi gratis bagi seribu warga miskin yang dilaksanakan Rumah Sakit Bina Sehat Jember memasuki tahap screening terhadap pasien. Menariknya, pasien yang menjalani operasi gratis, datang dari berbagai daerah di wilayah Jember. Bahkan, beberapa anggota keluarga dari peserta juga banyak yang mengantar, meski baru dilakukan tahapan pemeriksaan awal.

“Dukungan keluarga sangat penting bagi kondisi psikologis pasien. Terutama dalam menumbuhkan motivasi dalam diri pasien agar tidak merasa takut saat harus melalui tahapan kegiatan operasi, mulai dari pemeriksaan oleh dokter, pengambilan darah sampai dengan pelaksanaan operasi, kontrol dan angkat jahitan nantinya,” ujar dr. Maria Ulfah, koordinator aksi sosial RS Bina Sehat Jember.

Terkait persyaratan peserta, lanjut dia, semua berkas kelengkapan peserta secara umum sudah lengkap, sehingga sangat memudahkan panitia dalam melakukan verifikasi awal.

Lebih lanjut dr. Ulfah menyampaikan, hasil screening ini akan disampaikan segera kepada pihak TNI, Dinas Kesehatan, dan Penggerak PKK Kabupaten oleh tim aksi sosial RSBS. Hal ini dimaksudkan supaya mempermudah koordinasi dan komunikasi penghantaran peserta kembali pada saat pelaksanaan operasi bibir sumbing yang akan dilaksanakan mulai 7 Februari sampai 9 Februari 2013.

 “Kepedulian kita untuk dapat memberi kepada sesama akan dapat meringankan beban hidup mereka bahkan dapat merubah jalan hidup mereka menjadi lebih baik,” pungkasnya. (tnt)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: