Pameran Origami akan Pamerkan Berbagai Bentuk Karya Origami

JEMBER (titik0km.com) – Menjelang diadakannya Pameran Origami dalam peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2014, animonya sungguh luar biasa. Siapa yang menyangka jika ibu-ibu Tim Penggerak PKK yang tergabung dalam Jember Origami Community (JOC) mampu mempermak lipatan kertas menjadi berbagai bentuk origami yang menarik. Bahkan, berkat kepiawaian melipat kertas, berbagai bentuk hewan, orang, pakaian, pesawat terbang, dan berbagai jenis hewan dan bunga mampu dihasilkan dengan baik. Sampai-sampai kertas koran bisa dipermak jadi busana origami yang menarik.

“Melalui origami ini tidak hanya anak-anak yang bisa berkreativitas. Para ibu-ibu ini juga pandai melipat kertas origami,” ujar Sri Wahyuni Djalal, istri Bupati Jember M.Z.A Djalal. Menurut Sri Wahyuni Djalal yang juga ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember ini, sudah berminggu-minggu, ibu-ibu membuat berbagai bentuk origami yang nantinya akan dipamerkan untuk masyarakat luas di Gedung GOR PKPSO Kaliwates, Jember. Pelaksanaan pameran origami dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) ini mulai digeber Rabu-Kamis Tanggal 10-11 September mendatang. “Pameran ini gratis untuk masyarakat luas. Semua bisa menikmati hasil kreativitas seni melipat kertas ini,” ujar Ketua Jember Origami Community (JOC) ini.

Rencananya, ada sebelas tema lipatan kertas origami yang dipamerkan dalam ajang bertajuk `Origami HAN 2014` di GOR PKPSO Kaliwates mulai tanggal 10-11 September 2014 mendatang. Antara lain, origami bertema keluarga (family), PAUD, kolam renang (swimmingpool), peternakan, kebun (garden), terminal, lapangan terbang (airport), kebun binatang (zoo), laut (sea), pesta (party), dan tema Hari Anak Nasional (HAN) yang didesain khusus tim dari IGTKI.

Desain pameran origami kali ini akan dikemas berbeda dan ditata dengan cukup ciamik dibantu tim Creative Top Leader (CTL). Berbagai persiapan juga sudah dilakukan, termasuk penataan desain lokasi pameran yang telah dibuat semenarik mungkin. Untuk menambah suasana pameran agar terlihat semakin indah, selain didukung oleh lighting juga akan ada hamparan karpet.

Ajang pameran origami ini dipastikan semakin bagus karena mampu mengkolaborasikan tim Jember Origami Community, Ibu-Ibu tim penggerak PKK Kabupaten Jember, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Jember (Dispendik), IGTKI, serta tim Creative Top Leader (CTL).

Terpisah, menurut Mulyadi dari pihak Creative Top Leader (CTL), berbagai persiapan telah dilakukan dengan matang. Termasuk mempersiapkan berbagai media untuk keperluan pameran yang baru kali pertama digelar tersebut. “Konsep pameran kita desain berbeda dengan penataan artistik yang menarik. Dipastikan, pengunjung pameran akan terkesima dengan berbagai karya origami yang dipajang. Termasuk desain lokasi pameran yang dikemas cukup ciamik,” ujarnya.

Mau tahu detail cara membuat dan bagaimana hasil karya origami tersebut dibuat? Datang saja saat pameran origami HAN 2014 di GOR PKPSO Kaliwates mulai hari Rabu-Kamis tanggal 10-11 September nanti. “Apalagi ada berbagai lomba origami yang digelar,” paparnya. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: