Pasien Jalani Operasi Gratis Lebih 1.000 Warga

Koordinasi AKSI KEMANUSIAAN 5 WILAYAH bersama KODIM 0824 JEMBERJEMBER (titik0km.com) – Animo masyarakat memanfaatkan kesempatan operasi gratis dalam aksi kemanusiaan yang digelar Rumah Sakit Bina Sehat Jember bersama jajaran TNI Tim Penggerak PKK, dan Pemkab di Lima Kabupaten sungguh luar. Data sementara yang sudah terhimpun, jumlah warga miskin yang terdata ikut operasi gratis sudah melebihi target.

“Target operasi gratis untuk kaum dhuafa ini sebenarnya 1.000 pasien. Kenyataannya, banyak warga miskin yang mendaftar, hingga data yang masuk lebih dari 1.300 warga miskin. Jumlah ini akan terus bertambah karena beberapa data belum masuk,” ujar dr Faida MMR, Direktur Rumah Sakit Bina Sehat Jember.

Hari ini koordinasi antara Rumah Sakit Bina Sehat Jember dan jajaran Kodim melibatkan media online www.titik0km.com sebagai official media partner aksi kemanusiaan 1000 duafa, dilaksanakan. Menurut Komandan Kodim 0824 Jember Tri Rana Subekti, untuk wilayah Jember saja, terdata warga miskin yang akan ikut operasi gratis lebih dari 500 warga.

“Kita sudah kerahkan jajaran Koramil dan Babinsa untuk mendata warga miskin tak mampu yang akan menjalani opeasi gratis,” ujar Tri Rana Subekti. Hasilnya sungguh luar biasa, setelah dilakukan pendekatan dan persuasi terhadap warga miskin,  sedikitnya ada 600 warga yang terdata ikut operasi gratis.

Saat ini, warga yang sudah terdata mulai menjalani screening. Meliputi warga yang hendak operasi katarak gratis, operasi bibir sumbing gratis, hingga penyakit polidaktili, CTEV, dan hernia. Data tersebut masih akan bertambah karena data dari puskesmas dan tim penggerak kabupaten belum masuk semua.

“Ini wujud peran TNI manunggal dengan rakyat. Dengan bekerjasama dan bersinergi dengan Rumah Sakit Bina Sehat Jember, kita bantu kaum dhuafa tak mampu lewat operasi gratis untuk lima kasus penyakit,” tegasnya. (tnt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: