Pasien Rumah Sakit Datang Ke TPS Dengan Kondisi Sakit

JEMBER (titik0km.com) – Pentingnya hak untuk memberikan suara dalam Pemilu Gubernur Jawa Timur 2013 yang dilaksanakan pada Kamis (29/08) ternyata belum benar-benar sepenuhnya diperhatikan dan difasilitasi oleh KPU Jember.

Pasalnya ada beberapa tempat seperti rumah sakit yang memerlukan TPS keliling justru dihimbau untuk mendatangi TPS terdekat dengan rumah sakit tersebut.

Menurut Jumadi, petugas PPK Kaliwates, menyatakan kali ini tidak ada TPS keliling untuk mendatangi rumah sakit tersebut, “Untuk pemilu yang lalu ada, karena dianggarkan tetapi untuk pemilu kali ini tidak karena anggaran kurang,” kata Jumadi.

Hal ini diperkuat dengan surat dari PPK Kaliwates tanggal 21 Agustus 2013 no. 024/PPK/2013, yang menghimbau kepada 3 rumah sakit di lingkungan kecamatan Kaliwates antara lain RS PTPN Kaliwates, RS Srikandi/IBI dan RS Bina Sehat Jember, untuk petugas medis, staf RS, pasien dan keluarga pasien agar mendatangi TPS 17, TPS 7, TPS 9 serta TPS 10.

Dari pantauan titik0km.com di lapangan, nampak salah satu rumah sakit Bina Sehat Jember di Jl. Jayanegara Jember, bahkan sampai mengerahkan 2 ambulance untuk mengangkut pasien untuk memberikan suaranya di TPS 7 di lingkungan Condro Selatan Kaliwates mulai pk 10.00 wib. “Total kami ada 48 pasien yang sedang rawat inap, dan sesuai edaran PPK Kaliwates nanti akan kami bantu untuk datang ke TPS menggunakan Ambulance rumah sakit ke TPS terdekat,” jelas Samsul, salah satu staf RS Bina Sehat Jember.

Sementara itu sesuai surat keputusan KPU Jatim yang pada tanggal 26 Agustus 2013 no 211.03 tentang pelaksanaan Hak Pilih bagi Pemilih Rawat Inap, Tahanan LP, Tahanan Sementara di Kepolisian & menjalani tugas profesi disampaikan bahwa,  Pemilih yang sedang opname agar menberikan suara di TPS yang terdekat dari RS dengan ketentuan ketua KPPS tersebut menugaskan Anggota KPPS untuk melayani pemilih yang menjalani Rawat Inap di RS dalam memberikan suara berdasarkan Undang-undang yang berlaku.

TPS 7 Kelurahan Kaliwates, Kecamatan Kaliwates Jember yang diketuai oleh Sugeng Hariyadi mengakui jumlah anggotanya hanya 7 orang sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan TPS keliling.

Sementara itu Kamis siang hari sekitar pukul 12.30 wib menurut informasi dari staf RS Bina Sehat Jember, PPK Kaliwates mendatangi RS Bina Sehat Jember untuk memberikan kesempatan kepada pasien untuk melakukan pencoblosan, kehadirian PPK Kaliwates itupun karena salah satu pasien adalah anak anggota DPRD Jember dari Komisi A yang kebetulan sedang dirawat inap di RS Bina Sehat.

Masih belum diketahui apakah diberikan kesempatan memberikan hak suara pada Pemilu Gubernur 2013 kali ini, pada pasien di 2 rumah sakit lainya seperti RS PTP Kaliwates dan RS Srikandi/IBI. (fid/ias)

TPS keliling ditiadakan Pasien Rumah Sakit Datang Ke TPS diantar ambulance dengan Kondisi Sakit di Jember Di Jember Pasien Rumah Sakit harus datang Ke TPS dengan kondisi sakit karena tidak ada TPS Keliling Pasien Rumah Sakit Datang Ke TPS Dengan Kondisi Sakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: