Pasiter Kodim Lima Kabupaten Datangi RS Bina Sehat

rapat kooordinasi TNI lima kabupaten dengan RS Bina Sehat JemberJEMBER (titik0km.com) – Tak hanya jajaran tim Penggerak PKK Kabupaten yang mendukung penuh aksi sosial operasi gratis bagi seribu warga miskin. Buktinya, jajaran kodim lima kabupaten di bawah naungan Danrem 083 melaksanakan juga rapat koordinasi dengan Rumah Sakit Bina Sehat Jember, kemarin. Meliputi jajaran kodim Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

Rapat yang dipimpin koordinator aksi sosial dr. Maria Ulfah ini juga dihadiri dr. Hj. Faida, MMR selaku Direktur RS Bina Sehat Jember, Mayor. Khamin (Kasdim 0824 Jember), dan 5 pasiter se wilayah Danrem 083. Diantaranya, pasiter Kodim 0824 Jember Kapten Slamet, pasiter Kodim 0821 Lumajang Kapten Panji Wismono, pasiter Kodim 0822 Bondowoso Kapten Bambang, pasiter Kodim 0823 Situbondo Kapten Harsono, dan pasiter Kodim 0825 Banyuwangi Kapten Surahman.

Direktur RS Bina Sehat dr Faida MMR menyampaikan, aksi sosial operasi gratis bagi 1000 kaum dhuafa ini akan terlaksana dengan baik dengan adanya dukungan penuh dari jajaran TNI dan semua pihak termasuk di dalamnya pemerintah daerah, dinas kesehatan, dan tim penggerak PKK.

“Membantu kaum dhuafa adalah tanggung jawab bersama bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Oleh karena itu, operasi gratis bagi 1000 kaum dhuafa ini perlu mendapat dukungan penuh dari semua pihak,” jelas dr. Faida.

Mengenai tempat pelaksanaan operasi, kata Faida, untuk peserta operasi dari wilayah Lumajang, Jember, Bondowoso dan Situbondo ditempatkan di RS Bina Sehat. Sedangkan untuk wilayah Banyuwangi dipusatkan di RS Al Huda, Genteng, banyuwangi. Cakupan operasi gratis bagi kaum dhuafa kali ini meliputi opeasi bagi penderita katarak, bibir sumbing, polidaktili, CTEV, dan Hernia.

Sementara itu, Mayor Khamin, Kasdim 0824 Jember dalam paparannya menjelaskan, tujuan aksi sosial ini adalah untuk meningkatkan ruang juang, alat juang, kondisi juang, dan kemanunggalan TNI rakyat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bakti sosial TNI operasi bibir sumbing, katarak, polidaktili (Jari lebih) dan CTEV (kaki pengkor).

Mayor Khamin juga menyampaikan, dalam pelaksanaan di lapangan terutama yang berkaitan dengan pendataan pasien, masing-masing pasiter di wilayahnya akan mendata semaksimal mungkin dengan melibatkan peran Babinsa.

“Pembiayaan operasi gratis bibir sumbing, katarak, polidaktili dan CTEV ditanggung oleh RS Bina Sehat, sedangkan untuk akomodasi antar jemput pasien ditanggung oleh satuan yang mengirim,” tegasnya.

Dalam rapat sempat dibacakan disposisi Pangdam V Brawijaya kepada Asisten teritorial, dimana Pangdam sangat mengapresiasi atas aksi sosial operasi gratis bagi 1000 kaum dhuafa ini. “Hal ini sangat bagus, agar didukung dan dikoordinasikan dengan baik. Untuk Kodim yang terkait untuk mendukung semaksimal mungkin,” kata Mayor Khamin membacakan isi disposisi Pangdam V Brawijaya.

Disamping itu dr. Maria Ulfah juga menjelaskan, dalam rapat koordinasi ini dihasilkan beberapa kesepakatan antara TNI dengan RS Bina Sehat antara lain tentang pelaksanaan teknis di lapangan dimulai dari pendataan peserta, memotivasi peserta, pengumpulan data dari masing-masing Kodim untuk peserta operasi katarak, bibir sumbing, polidaktili dan CTEV hingga pelaksanaan teknis pemeriksaan pendahuluan (screening) di berbagai daerah.

 “Untuk wilayah Lumajang, Bondowoso dan Situbondo tim RS Bina Sehat akan melakukan kunjungan ke wilayah untuk screening peserta operasi bibir sumbing dan CTEV(kaki pengkor), sedangkan untuk wilayah Jember screening langsung di RS Bina Sehat dan untuk wilayah Banyuwangi screeningdilakukan di RS Al Huda,” ujar dr Ulfah.

Dengan adanya kesepakatan tentang pelaksanaan tehnis dalam rangkaian kegiatan aksi sosial ini dapat menjadi pedoman bersama baik untuk TNI maupun tim dari RS Bina Sehat dan RS Al Huda. “Rapat koordinasi ini semakin memantapkan teknis pelaksanaan aksi sosial di lapangan nantinya,” tambah dr. Indiati, MMR koordinator aksi sosial untuk RS Al Huda.

Rapat ditutup dan diakhiri dengan survey ke lokasi kegiatan aksi sosial di RS Bina Sehat.“Semoga kegiatan yang dilaksanakan antara RS Bina Sehat dan TNI ini bisa menstimulir semua kalangan agar bisa lebih peduli terhadap sesama yang membutuhkan,” pungkas Faida. (tnt)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: