Pasiter TNI kawal Pelaksanaan Aksi Sosial

2_bercengkerama dengan pasien operasi gratisSITUBONDO (titik0km.com) Peran TNI dalam pelaksanaan kegiatan sinergi aksi kemanusiaan operasi gratis bagi 1.000 dhuafa yang di pusatkan di RS Bina Sehat Jember sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari peran TNI, terutama Pasiter dalam mengkoordinir peserta mulai dari keberangkatan dari wilayahnya sampai dengan pelaksanaan operasi. Salah satu contohnya adalah dari Kabupaten Situbondo.

Untuk pemberangkatan peserta operasi gratis, pihak Kodim 0823 Situbondo bekerjasama dengan jajaran Muspida maupun Muspika setempat, untuk memberangkatkan peserta dari Situbondo menuju Jember. Kendaraan yang digunakan pun juga hasil dari upaya dan dukungan dari berbagai pihak, seperti puskesmas, kendaraan dari Pemda, maupun kendaraan pribadi dari jajaran Muspika setempat. Tidak ketinggalan para Babinsa dari masing-masing wilayah yang ada di Situbondo juga turut mendampingi peserta sejak dari keberangkatan.

Peran Pasiter Kodim dalam hal ini juga sangat besar. Termasuk jajaran Danramil dan Babinsa diwilayah masing-masing, untuk senantiasa mengawal pasien mulai dari pemberangkatan sampai dengan pasien selesai di operasi nantinya. “Sebanyak 20 Babinsa untuk hari pertama pelaksanaan terlibat langsung dalam kegiatan ini yang mendampingi peserta sebelum operasi,” ujar Kapten Harsono, Pasiter Kodim 0823 Situbondo.

Para Babinsa, kata dia, akan terus mendampingi peserta mulai dari pembukaan acara awal, persiapan operasi, sampai selesai operasi. Bahkan, saat peserta setelah selesai menjalani operasi, jajaran TNI tetap mendampingi peserta di rumah sakit lapangan yang memang telah disediakan untuk peserta kegiatan ini. Mengenai up date peserta yang akan melaksanakan operasi terutama dari wilayah kerjanya dan yang telah menjalani operasi, Pasiter selalu memantau perkembangannya setiap waktu.

Kapten Harsono menambahkan, pihaknya senantiasa memantau terus perkembangan pasien baik yang sebelum operasi maupun yang akan operasi. “Kami selalu pantau terus sudah berapa jumlah peserta kami yang di operasi maupun yang akan di operasi, sehingga kita tahu perkembangannya setiap waktu,” ujarnya.

kapten harsonoTidak hanya itu, Harsono juga menyampaikan bahwa pihaknya sangat intens untuk selalu memberikan dukungan kepada para peserta operasi dan juga keluarganya untuk mengikuti setiap prosedur yang telah ditetapkan untuk menjalani operasi gratis ini. “Ini penting mengingat sebelum dilakukan tindakan operasi pasien harus betul-betul dalam kondisi normal dan fit sehingga pelaksanaan operasi baik bibir sumbing maupun katarak dapat berjalan dengan baik,” paparnya.

Kapten Harsono menambahkan, pihaknya akan terus berada mendampingi peserta sampai selesainya semua peserta di operasi. “Karena sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami untuk mendampingi peserta sampai selesai operasi dan kembali ke Situbondo dalam keadaan baik,” paparnya. (fid)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: