Pelihara 5 Merak HiJau, Warga Sedayu Diamankan di Polres Gresik

Gresik, (titik0km.com) – Jajaran Polres Gresik berhasil mengamankan 13 hewan atau satwa lindung yang terdiri dari 5 ekor merak hijau, 6 ekor burung Takur Api dan 2 ekor burung Tangkar Uli Sumatra dari dua lokasi berbeda,  dalam kejadian ini, 1 orang berhasil diamankan, yakni DAS (31) warga Desa Golokan Sedayu Gresik pemilik 5 Merak hijau.

“Satu orang pemilik merak hijau yang berhasil kami amankan, sedangkan untuk pemilik dan penjual burung Takur Api dan Tangkar Uli Sumatra, pemiliknya masih buron,” ujar Kapolres Gresik AKBP. Kusworo Wibowo. SH. SIK. MH.

Kapolres menjelaskan, berhasil terungkapnya jual beli satwa lindung ini dari informasi warga yang diterimanya, kemudian pihaknya memerintahkan jajaran Satreskrim untuk melakukan penyelidikan dan ditemukan 5 ekor burung merak dirumah tersangka.

“Untuk burung merak, pelaku mendapatkannya dari hadiah seorang teman, awalnya diberi telurnya, kemudian oleh pelaku di tetaskan dan dirawat hingga besar, sedangkan untuk burung Takur Api dan Tangkar Uli Sumatra, diketahui dijual secara manual dan online dengan harga 1-1,5 juta,” ujar Kapolres.

Sementara kepala BKSDA Wil II RM. Wiwied Widodo dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas kinerja Kapolres Gresik yang telah berhasil mengungkap jual beli satwa lindung.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada bapak Kapolres yang telah memutus rantai perdagangan satwa lindung, dan burung-burung ini nanti akan kami karantina dulu untuk dilatih beradaptasi sebelum dilepas liarkan,” ujar Wiwied.

Atas perbuatannya, pelaku diancam hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp 100 juta. Dia dijerat dengan pasal 40 ayat (2) Jo pasal 21 ayat (2) huruf a UU RI No 5/1990 tentang konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: