Pemilu Gubernur Jatim 2013 Diharapkan Aman Dan Lancar

Kolonel Inf Ardiansyah Triono Komandan Korem 083 Baladhika Jaya mengharapkan pemilu gubenur 29 agustus nanti berjalan aman dan lancarJEMBER (titik0km.com) – Menyikapi tentang Pemilu Gubernur yang akan dilangsungkan pada bulan Agustus 2013 mendatang, Danrem 083 Baladhika Jaya, Kolonel Inf. Ardiansyah Triono menyatakan bahwa diharapkan pemilu gubernur berjalan dengan lancar dan aman di sela-sela acara Sertijab Komandan Kodim 0824 di aula Makodim 0824 Jember hari Kamis (18/07) sore lalu.

Pasalnya setelah Pleno KPU jatim melakukan penetapan calon pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur, yang secara mengejutkan tidak meloloskan Khofifah-Herman sebagai calon dalam putaran Pilgub Jatim, sempat menimbulkan kekhawatiran beberapa pihak akan timbul kerawanan dalam Pilgub 2013 mendatang.

Menurut Kol. Inf Ardiansyah Triono memang diharapkan Khofifah-Herman dan pendukungnya menerima keputusan tersebut, “Memang masih belum bisa dilihat dan belum ada laporan yang masuk, apakah gagalnya Khofifah-Herman menjadi Cagub dan Cawagub Jatim nanti akan berpengaruh pada situasi dan kondisi keamanan terutama di lingkup Kodam V Brawijaya dan khususnya Korem 083 BDJ ini,” jelas Ardiansyah Triono setelah memimpin sertijab.

“Prinsipnya, kami, TNI adalah memberi rasa aman kepada rakyat sehingga kami juga akan memantau setiap perkembangan dan berkoordinasi dengan pihak yang terkait dalam hal ini kepolisian untuk melakukan pengamanan Pemilu Gubernur Jatim, yang dilaksanakan 29 Agustus 2013 nanti,” ujarnya lagi.

Seperti yang dilansir dari antarajatim.com, sebanyak 7.000 personil pengamanan dari Kodam V Brawijaya dipersiapkan untuk mengatasi kerawanan dalam proses menjelang pemilihan. Tak kurang Panglima Kodam V Brawijaya Mayjen TNI Ediwan Prabowo, mengatakan seluruh personel TNI Angkatan Darat itu ditugaskan membantu pengamanan yang dilakukan aparat kepolisian. “Sejauh ini, personel kami di lapangan belum mendeteksi potensi konflik di wilayah Jatim. Mudah-mudahan kondisi ini bisa tetap terjaga hingga hari H nanti,” kata Ediwan Prabowo.

Sebelumnya, KPU Jatim telah menetapkan tiga pasangan cagub-cawagub yang lolos verifikasi, yakni pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf (nomor urut 1), Eggi Sudjana-M Sihat (nomor urut 2), dan Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah (nomor urut 3). (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: