Dari Sini Semua Berawal

Pemkab dan KPUD Siapkan Akses Untuk Difabel dalam Pemilu 2019

Pemkab dan KPUD Siapkan Akses Untuk Difabel dalam Pemilu 2019

Jember (titik0km.com) – Acara Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang digelar di aula LPP RRI Jember Senin (3/12/2018) menjadi istimewa, tidak hanya dihadiri oleh perwakilan RRI se Jawa dan Bali, acara ini juga dihadiri oleh puluhan warga Disabilitas dari berbagai daerah tidak hanya di Jember saja.

Menariknya dari acara HDI ini, selain acara penyerahan bantuan kursi roda bagi warga Disabilitas dari pihak Pemkab, dan beberapa Organisasi sosial lainnya, acara ini juga menggelar talk show yang bertema “Memilih Itu Juara” Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas

Dalam acara Talk Show yang dihadiri Bupati, KPUD Jember dan Bawaslu ini menjadi tempat curhat para kaum disabilitas yang hak-hak politiknya belum sepenuhnya terakomodir dalam menyalurkan hak pilihnya di TPS, hal ini dikarenakan selain minimnya akses juga banyak kaum disabilitas yang masih belum ber KTP Elektronik.

“Hari ini begitu banyak kegiatan dalam memperingati Hari Disabilitas Internasional yang dikemas dengan Forum Diskusi, jika kemarin Pemkab yang mengadakan, kali ini LPP RRI Jember yang menggelar, dan ini bagus karena RRI bersama KPUD dan Bawaslu tidak hanya menggelar acara HDI saja akan tetapi juga memiliki tujuan untuk mensukseskan pemilu 2019,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR.

Bupati mengatakan, dalam talk show yang dikemas dengan forum Diskusi ini banyak masukan yang harus diperhatikan, terutama dalam memenuhi hak-hak kaum difabel dalam partisipasinya di pemilu 2019 mendatang, oleh karenanya Pemkab Jember bersama dengan KPUD akan bahu membahu agar apa yang menjadi kendala dari kaum disibilitas ini bisa terakomodir.

“Tadi kami sudah sepakat dengan KPUD terutama dalam menangani warga Difabel yang belum memiliki KTP Elektronik untuk diupayakan melalui dua arah, yaitu Pemkab Jember akan menyiapkan petugas untuk memberikan layanan KTP Elektronik kepada warga Disabilitas, dan pada hari H nanti pemkab akan menyiapkan mobil dinas guna menjemput warga Difabel menuju TPS, saat ini jumlah warga difabel sudah terdata by name by addres, jadi sudah tahu desa-desa mana yang ada warga difabelnya, disitu nanti petugas akan menyiagakan mobil dinas,” tambah Bupati Jember. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *