Pemkab Jember Jemput 17 Pengungsi Wamena Asal Jember

Jember, (titik0km.com) – Ribuan warga mengungsi dari Wamena Jayapura akibat Konflik di Bumi Cenderawasih, dari ribuan warga Wamena yang mengungsi, 17 diantaranya warga Jember yang sudah puluhan tahun bekerja di Wamena. Jumat (4/10/2019) dinihari, 7 dari warga asal Jember yang mengungsi sudah tiba di Jember sedangkan yang 10 masih dalam penjemputan.

“Ada 7 warga Jember yang pulang kampung akibat konflik di Wamena. Sudah dilakukan penjemputan oleh Dinas Sosial dengan didampingi beberapa camat. Alhamdulillah dini hari tadi sudah sampai di rumah masing-masing. Sedangkan yang 10 warga asal Ambulu masih di Surabaya dan tadi malam Pak Camatnya sudah berangkat menjemput,” ujar Bupati Jember dr Hj Faida MMR.

Bupati menyampaikan, pemkab sudah koordinasi dengan Dinas Sosial Jatim untuk menyiagakan pelopor relawan Dinsos Jember untuk melakukan penjemputan. “Ada dua orang di Bakorwil yang siaga untuk berjaga-jaga jika masih ada warga Jember dari Wamena yang mengungsi karena kedatangan pengungsi terus berdatangan,” ucapnya.

Selain melakukan penjemputan, bupati juga memerintahkan kepada jajarannya untuk melakukan pendataan, apakah dari pengungsi ada yang masih sekolah atau kuliah. Termasuk mendata adminduk serta keluarga maupun kepesertaan BPJS.

“Kami sudah menginstruksikan kepada relawan untuk melakukan pendataan karena  para pengungsi tersebut akan menjadi tanggung jawab Pemkab Jember sebagai bentuk wujud penanganan sosial masyarakat,” ungkapnya.

Para pengungsi asal Jember ini diangkut menggunakan pesawat Hecules bersama dengan pengungsi lainnya dari beberapa daerah di Jawa Timur. Tujuh pengungsi yang sudah tiba di rumahnya masing-masing pada Jumat dini hari terdiri dari 1 pengungsi asal Kaliwining Rambipuji, 6 dari Kecamatan Gumukmas (1 di antaranya masih balita).

Sebelumnya, kerusuhan yang mendera wilayah Wamena, Papua, memaksa warga Jawa Timur yang telah tinggal di wilayah tersebut mengungsi pulang ke kampung halamannya.

Gelombang pertama pengungsian tiba di Lanud Abdulrachman Saleh Malang pada Rabu (2/10/2019), sekitar pukul 14.50 WIB. Mereka diangkut menggunakan pesawat C 130 Hercules dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh.

Kedatangan sebanyak 120 pengungsi dari berbagai daerah di Jatim, termasuk Jember, tersebut disambut langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Malang Marsma TNI Helsy Paat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: