Pendaftaran Calon Anggota Komisi Informasi Prov Jatim Di Perpanjang

SURABAYA (titik0km.com) – Panitia Seleksi memperpanjang masa pendaftaran calon anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Timur hingga 5 Februari 2014 dari jadwal sebelumnya yang ditetapkan pada 15-28 Januari 2014 lewat rilis resmi Kominfo Pemrov Jatim yang diterima pada Selasa (28/1).

Sekretaris Tim Seleksi KI Provinsi Jatim, Suko Widodo saat dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (28/1) mengatakan, perpanjangan pendaftaran anggota ini dikarenakan sampai saat ini jumlah pendaftar yang masuk tercatat masih 23 orang, sehingga tim seleksi memutuskan memperpanjangnya sepekan ke depan. Namun demikian, hal itu tidak membuat perubahan pada tahapan-tahapan yang akan dilalui.

Ia menjelaskan, sedikitnya pendaftar calon komisioner tidak lepas dari semakin berkualitasnya syarat pendaftaran. Salah satunya, berpengalaman dalam badan publik seperti pernah berorganisasi, aktif di lembaga swadaya masyarakat, dan wartawan.

Dalam menjaring calon komisioner, pihaknya akan melakukan beberapa seleksi, yakni seleksi administrasi, ujian tulis, uji psikologi, wawancara, serta uji publik bersama masyarakat umum. “Selanjutnya, timsel akan memilih 15 orang yang kemudian diserahkan ke Komisi A DPRD Jatim untuk menjalani uji kepatutan dan kelayakan. Terakhir, terpilih 5 komisioner KI untuk periode 3 tahun mendatang,” ujarnya.

Sesuai batas akhir komisioner KI saat ini, dijadwalkan pada 30 April 2014, para anggota baru sudah mulai bekerja atau bersamaan dengan habis masa periode sekarang. Pembentukan KI Jatim ini merupakan tindak lanjut atas dibentuknya UU No 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang diperkuat oleh Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur.

Menurutnya, KI di provinsi merupakan suatu keharusan yang wajib ada. Ini karena KI merupakan sarana mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya, khususnya berkaitan dengan kepentingan publik. Selain itu, pengelolaan informasi publik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan masyarakat informasi.

Di samping harus berpengalaman dalam badan publik, syarat menjadi komisioner KI Jatim yakni Warga Negara Indonesia, surat pendaftaran ditulis dengan tangan atau diketik dan dibubuhi materai Rp 6 ribu.

Adapun dokumen yang dilampirkan, meliputi berumur paling rendah 35 tahun dibuktikan dengan foto copy KTP dan KK, pas photo 4×6 berwarna sebanyak 2 lembar, foto copy ijazah terakhir, minimal Strata 1.

Selanjutnya, surat keterangan tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana dengan ancaman pidana lima tahun atau lebih dari Pengadilan Negeri setempat, surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah/daerah. Kemudian, surat pernyataan tidak menjadi anggota partai politik dalam lima tahun terakhir yang diketahui lurah/kepala desa, serta daftar riwayat hidup.

Untuk mengetahui secara detil persyaratan dan ketentuan umum lainnya, masyarakat umum juga dapat mengakses portal Pemprov Jatim di website www.jatimprov.go.id serta www.kominfo.jatimprov.go.id.  Pendaftaran dapat dilakukan di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Jl Rajawali 6-8 Surabaya. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: