Pengalaman Guru Berharga

Siti Aminah-Mbak MiminJEMBER (titik0km.com) “Dari kegagalan akan tahu kesalahan yang dilakukan lalu memperbaikinya. Sebagai orang tua tidak boleh ragu dan pesimistis ketika mengajak anaknya berwirausaha. Jika ragu, tidak akan ada generasi penerus yang akan melanjutkan,” ujar Siti Aminah, perempuan sukses dalam bidang bisnis ini.

Untungnya, usaha yang dipercayakan kepada anaknya, saat ini berjalan dengan baik. “Tentunya ketika mengawali usaha, anak jangan dilepas seratus persen. Usaha yang dirintis anak masih harus ada bimbingan dan arahan. Sebagai orang tua, saya hanya mengarahkan dan memotivasi lalu memfasilitasi,” ujarnya.

Masuk akal memang. Bayangkan saja, usaha senilai ratusan juta yang dipercayakan dipercayakan kepada Darrys Pratama, anak pertama Mimin yang baru lulus dari SMA.

Untungnya, dalam diri Darrys, telah mengalir darah seorang entrepreneur. Seusai lulus SMA, dia langsung memutuskan melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan lebih tinggi. Namun tak kebanyakan lulusan SMA lainnya, Darrys emoh berebut kursi perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN. Dia justru memilih STIE Mandala Jember dengan mengambil jurusan ekonomi.

“Saya langsung terjun saja ke dunia usaha sambil menempuh studi di STIE Mandala Jember. Sehingga saya bisa mengatur waktu antara usaha dengan kuliah,” paparnya.

Menurut Darrys, usaha yang dipercayakan orang tuanya, merupakan amanah besar yang harus dipikulnya saat memulai usaha baru. “Perasaan khawatir gagal ada, senang juga ada. Awalnya takut amanah yang diberikan orang tua tidak behasil. Tapi sekarang dijalani saja, kuliah sambil merintis usaha,” ujar pria umur 17 tahun kelahiran 27 November 1994 ini . (tnt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: