Pengamanan Pemilu 2014 Fokus pada Pengiriman Logistik dan Teroris

SURABAYA (titik0km.com)Operasi Pengamanan Pemilu 2014 dengan sandi Ops Mantab Brata 2014 dimulai dengan ditandai dengan gelar pasukan yang digelar Polda Jatim di Lapangan Mapolda Jatim, Sabtu (8/2). Polda Jatim akan fokus pada distribusi logistik, terutama di wilayah kepulauan, serta mendeteksi ancaman teroris pada pemilihan.
Kapolda Jatim, Irjen Pol Unggung Cahyono ditemui usai apel gelar pasukan mengatakan, Polda Jatim akan menurunkan 28.702 personil polisi yang disiagakan dalam pengamanan Pemilu 2014 dengan back up TNI dan Linmas, seperti yang dirilis Kominfo Prov. Jatim pada Sabtu (8/2).

Kapolda Jatim didampingi Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R Ediwan Prabowo dan Gubernur Jatim Soekarwo menjelaskan fokus untuk logistik pemilu di wilayah kepulauan, antara lain Pulau Masalembu, Raas, Kangean, dan kepulauan di wilayah Sumenep. “Tidak hanya itu, kita juga akan meningkatkan pengamanan pemilu, meski pentahapan pemilu kali ini memiliki waktu yang panjang, karena kita tidak hanya fokus pada distribusi logistik, tapi kita juga mewaspadai ancaman teroris pada pemilu,” katanya.

Untuk mengatasi persoalan itu, Polda Jatim telah mengantisipasinya dengan menyiapkan kapal khusus untuk memudahkan pengiriman logistik pemilu ke beberapa wilayah kepulauan di Madura. “Kira sudah dapat Kapal Tipe A dan Kapal Tipe B dari Mabes Polri. Kapal ini yang akan kita gunakan untuk mengirimkan logistik ke daerah kepulauan,” ujarnya.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R Ediwan Prabowo menegaskan bahwa pihaknya siap membantu Polda Jatim dengan mengerahkan 8.100 personel TNI se-Jatim. Bahkan, TNI yang akan membantu bukan hanya Kodam (TNI AD), melainkan juga Kostrad, TNI Angkatan Laut, dan jajaran TNI lainnya, termasuk jajaran intelijen untuk mendeteksi kerawanan. “Tapi dukungan terdepan memang Kodam V/Brawijaya, sedangkan lainnya akan siaga. Dukungan kami juga bersifat kewilayahan mulai dari Babinsa hingga seluruh unsur yang kami miliki,” tegasnya.

Gubernur Jawa Timur, H Soekarwo mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur siap mendukung penuh sarana-prasarana yang dibutuhkan demi kelancaran pengamanan Pemilu 2014. “Kami siap mendukung upaya dari aparat kepolisian mengamankan setiap tahapan pemilu di 2014 dalam rangka mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif,” ujarnya seusai Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pam Pemilu 2014.

Menurut Gubernur Jatim yang akrab disapa Pakde Karwo itu, pengamanan dalam perhelatan Pemilu merupakan hal yang penting. Terutama untuk mengajak masyarakat yang selama ini tidak taat hukum menjadi lebih taat hukum dalam perhelatan pesta demokrasi.

Terkait kendala dalam tahapan pemilu di Jawa Timur, Gubernur Jatim mengatakan bahwa salah satunya adalah pengiriman logistik ke daerah kepulauan di Madura. “Kita masih membahas skenario dalam melaksanakan pengiriman logistik ke sana. Supaya, semua tahapan pemilu bisa tetap berjalan lancar dan aman,” ujarnya.

Menurutnya, selama lima tahun terahir, pengiriman logistik ke kepulauan memang dikhawatirkan. Tapi, selama ini selalu bisa terlaksana dengan baik. Tanpa permasalahan berarti. “Dan kali ini, Insya Allah semuanya berjalan lancar,” ujarnya. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: