Pengusaha Jember Support Kegiatan Bersih-Bersih Pasar Tanjung

Jember (titik0km.com) – Kegiatan bersih bersih Pasar Tanjung dalam rangka HUT Kostrad ke 56, tidka hanya diikuti oleh elemen TNI, jajaran Pemkab dan masyarakat saja, sejumlah pengusaha juga mengerahkan karyawan dan ikut terlibat langsung dalam kegiatan tersebut, seperti yang dilakukan oleh pengusaha Minimarket dan pemilik Dira Park H. Ponimin.

Dalam kesempatan tersebut, H. Ponimin bersama dengan karyawan Dira Park Ambulu terlibat langsung melakukan bersih-bersih pasar Tanjung, menurut pengusaha asli Jember ini, bahwa perlu kesadaran dan kepedulian dari masyarakat untuk menciptakan pasar yang bersih, “Tidak hanya pemkab saja yang harus mengurusi kebersihan pasar, tapi perlu ada kepedulian pedagang pasar itu sendiri untuk menciptakan pasar menjadi bersih,” ujar Ponimin kepada sejumlah wartawan.

Ponimin juga menyambut baik pemerintah kabupaten Jember dalam merencanakan revitalisasi pasar Tradisional, sehingga keberadaan pasar tradisional yang selama ini terkesan kumuh bisa diminimalisir, “Akan sangat bagus kalau pasar tradisional direvitalisasi, kami siap mendukung program ini,” tambah Ponimin.

Sementara Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arismaya Parahita, untuk mewujudkan pasar tradisional yang bersih dan tidak terkesan kumuh, pihaknya akan mengadakan bank sampah di sekitar pasar Tanjung, sehingga masyarakat tidak hanya sadar akan kebersihan, tapi juga diuntungkan dengan adanya bank pasar tersebut. “Kami akan mengadakan bank pasar di sekitar Pasar Tanjung, sehingga bisa menguntungkan pedagang itu sendiri,” ujar Arismaya.

Arismaya menjelaskan, dalam bank pasar nanti, pedagang harus melatih dan membiasakan diri untuk memilah sampah organik dan non organik, karena sampah organik akan langsung dikirim ke TPA sedangkan non organik bernilai ekonomis.

“Bila perlu, nanti pedagang tidak perlu membayar retribusi sampah, sebab dengan adanya bank sampah, hasilnya bisa untuk mengelola sampah itu sendiri, tapi semua itu perlu kesadaran dari masyarakat, jadi untuk menangani masalah sampah kita mulai dari hulu bukan di hilir,” tambah Arismaya (MYN/AL1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: