Titik 0 km | Dari Sini Semua Berawal
Anda di sini: Home » Features » Perda APBD 2019 Jember di Tetapkan, Pengesahan Tercepat se Indonesia

Perda APBD 2019 Jember di Tetapkan, Pengesahan Tercepat se Indonesia

Perda APBD 2019 Jember di Tetapkan, Pengesahan Tercepat se Indonesia

Jember (titik0km.com) – Penetapan Peraturan Daerah (Perda) APBD 2019 Kabupaten Jember lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya, bahkan penetapan perda APBD 2019 yang ditandatangani pada Senin (29/10/2018) oleh Bupati dan DPRD Jember bisa dikatakan tercepat di Jawa Timur maupun di Indonesia seperti yang disampaikan Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR kepada sejumlah wartawan usai sidang paripurna

“Penetapan perda APBD 2019 ini sudah saatnya, kalau bisa dibuat cepat buat apa harus diperlambat, gak perlu ditunda-tunda lagi, gak perlu ada kegaduhan huru hara lagi seperti tahun-tahun sebelumnya, dan mungkin penetapan APBD tahun ini merupakan penetapan tercepat di Jawa Timur, bahkan di Indonesia,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR.

Bupati menjelaskan, bahwa dengan ditetapkannya perda APBD 2019 lebih cepat ini menunjukkan jika bangar DPRD bisa koorperatif dan singkron, karena APBD menyangkut kepentingan rakyat, bukan kepentingan bupati pribadi, “Lancarnya pembahasan APBD ini berkat pertolongan Alloh yang telah membukakan hati semua pihak, karena sejatinya APBD untuk kepentingan rakyat bukan kepentingan Bupati Jember,” ujarnya.

Dari catatan media ini, penetapan perda APBD 2019 ini terutama selama kepemimpinan Bupati Faida dan Wakil Bupati Drs. KH. Muqiet Arif berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bahkan pada tahun 2018, perda APBD kabupaten Jember ditetapkan pada bulan April, banyak tarik ulur anggaran yang dipersoalkan oleh DPRD Kabupaten Jember waktu itu.

Bahkan penetapan APBD 2018 yang sudah molor itu juga setelah pihak Pemprop turun tangan melakukan mediasi antara Ekskutif dan Legislatif, sehingga penetapan APBD kabupaten Jember menjadi kabupaten terakhir dalam penetapannya, namun pada penetapan perda APBD 2019, berbalik Jember menjadi kabupaten pertama dalam penetapan perdanya.

Dengan ditetapkannya Perda APBD 2019 ini, Bupati mengintruksikan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesegera melakukan konsolidasi dan mempersiapkan diri untuk menjalankan program yang sudah di tetapkan, sehingga perda APBD 2019 bisa berjalan maksimal dimana program perioritas Pemkab Jember pada tahun 2019 ada dua sektor yaitu Jember Mandiri dengan mengoptimalkan ekonomi dan Jember sebagai Kota Wisata Berbudaya.

“Usai ditetapkanya perda APBD 2019, saya berharap OPD OPD untuk segera menyesuaikan dan menyiapkannya, agar program pembangunan tahun 2019 bisa berjalan maksimal, jika pada tahun 2018 pemkab memperioritaskan tiga program yaitu Jember Sehat, Jember Maju Iptek dan Imtaq serta Jember Kuat dan Bersih pada tahun 2019 nanti ada 2 sektor program perioritas, yaitu Jember Mandiri dan Jember Kota Wisata Berbudaya,” pungkas Bupati. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Scroll to top