Peringatan Nuzulul Qur'an 1435 H Korem 081 DSJ

MADIUN (titik0km.com) – Puluhan Prajurit dan PNS Korem 081/DSJ, juga ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana Koor cab Rem 081 melaksanakan acara Peringati Nuzulul Qur’an 1435 Hijriah/2014 Masehi. Kegiatan yang dilaksanakan rutin setiap Ramadhan ini, berlangsung di Masjid Sudirman Korem 081/DSJ Jalan Pahlawan Kota Madiun. Sesaat setelah pelaksanaan Upacara Bendera yang dilaksanakan setiap Hari Senin, seluruh Prajurit dan PNS Korem 081/DSJ berbondong-bondong menuju Masjid Sudirman Korem 081/DSJ untuk mengikuti acara Nuzulul Qur’an. Acara diawali dengan Pembacaan Ayat Suci Al Qur‘an oleh Nanda Nida Atul Layinah, kemudian sambutan oleh Komandan Korem 081/DSJ, dan ceramah disampaikan oleh Kusnan Spdi dari Depag Kabupaten Madiun ini diakhiri dengan do’a bersama.

Acara ini selain juga diikuti oleh jajaran Perwira, Bintara, Tamtama, juga dihadiri perwakilan Anggota dari Kodim 0803/Madiun serta perwakilan Anggota Satdisjan yang ada di Madiun. Dalam Sambutannya Komandan Korem 081/DSJ yang dibacakan Kasrem Letkol Arh Eko Wibowo Kusrianto, S.E pada acara peringatan Nuzulul Qur’an ini disampaikan bahwa Nuzulul Qur’an merupakan tonggak awal proses turunnya Al-Qur’an kepada Rasul yang mulia Muhammad SAW.

Peringatan Nuzulul Qur’an memiliki hikmah yang dalam bagi proses pembinaan keagamaan, terlebih kegiatan ini dilaksanakan dalam kondisi sedang melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan. Bagi Umat Islam di Indonesia, peringatan Nuzulul Qur’an kali ini terasa sangat Istimewa. Karena pada bulan ini bangsa Indonesia melaksanakan pesta Demokrasi untuk memilih Capres dan Cawapres yang telah dilaksanakan dengan tertib dan lancar, yang akan ditetapkan oleh KPU pada Hari Selasa, tanggal 22 Juli 2014.

Peringatan Nuzulul Qur’an tahun ini menjadi Momentum yang tepat bagi Umat Islam di Negara kita untuk mendo’akan agar Penetapan Presiden terpilih Hari Selasa besok berjalan dengan aman dan damai, siapapun yang terpilih nantinya bisa membawa Bangsa dan Negara kita kearah yang lebih baik. Sejalan dengan itu peringatan Nuzulul Qur’an kali ini mengambil tema “Dengan Hikmah Memperingati Nuzulul Qur’an Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kita Kepada Allah SWT Sebagai Pedoman Dalam Menjalankan Tugas”.

Dalam tausiyahnya, Kusnan Spdi mengatakan Al-Qur’ān adalah kitab suci agama Islam. Umat Islam percaya bahwa Al-Qur’an merupakan puncak dan penutup wahyu Allah yang diperuntukkan bagi manusia, dan bagian dari rukun iman, yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW, melalui perantaraan Malaikat Jibril, dan sebagai wahyu pertama yang diterima oleh Rasulullah SAW adalah sebagaimana yang terdapat dalam surat Al-’Alaq ayat 1-5. “Al-Qur’an adalah firman Allah yang tiada tandingannya, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW penutup para Nabi dan Rasul, dengan perantaraan Malaikat Jibril A.S. dan ditulis pada mushaf-mushaf yang kemudian disampaikan kepada kita secara mutawatir, serta membaca dan mempelajarinya merupakan ibadah, yang dimulai dengan surat Al-Fatihah dan ditutup dengan surat An-Nas,” jelas Kusnan dalam tausiyahnya

Kusnan juga menambahkan, Kitab Suci Al-Qur’an yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril, pada dasarnya merupakan karunia terbesar bagi kehidupan umat islam dan bagi umat manusia secara umum. “Eksistensi Nabi Muhammad SAW sebagai penerima Wahyu, sesungguhnya diutus ke bumi ini sebagai Rahmatan Lil‘alamin, sehingga sangat tepat bila Al-Qur’an yang merupakan kitab suci petunjuk umat, juga merupakan rahmat bagi semua makhluk di alam semesta ini,” pungkas Kusnan. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: