Peringati HUT Ke-50, UNEJ Gelar Sholawat

JEMBER (titik0km.com) – Peringatan 50 Tahun UNEJ ditandai dengan perhelatan beragam agenda yang terangkum dalam acara Festival Tegal Boto, yang digelar untuk memeriahkan peringatan 50 tahun Universitas Jember. Mulai dari kegiatan akademik, nonakademik yang berupa festival seni dan budaya. Baru baru ini Universitas Jember menggelar Pekan Ekonomi Syariah dan Pembangunan Islami (PESPI) yang kemudian ditutup dengan Tablig Akbar Serta UNEJ Bersholawat, Jumat malam (19/9) yang lalu.

Menurut Drs. Moh. Hasan, M.SC, Ph.D Rektor Universitas Jember, digelarnya acara Tablig Akbar dan UNEJ Bersolawat merupakan salah satu wujud syukur dari seluruh keluarga besar Universitas Jember yang tahun ini genap berusia 50 tahun. Dalam acara yang dihadiri oleh Beberapa kalangan Ulama dan Umaro’ Kabupaten Jember itu Rektor berharap kedepan Universitas Jember semakin berkembang dan semakin besar pula kemanfatannya kepada masyarakat. “Semoga melalui solawat dan doa bersama ini Unej bisa semakin maju dalam mencetak para lulusan yang tidak hanya unggul dari sisi akademik namun juga unggul dalam budi pekerti dan keimanannya,” papar Drs. Hasan yang saat ini juga berusia 50 tahun itu.

Sementara itu Drs. Agung Purwanto, M.Si Kepala Humas dan Protokol menjelaskan, digelarnya Tablig Akbar dan UNEJ Bersolawat adalah upaya Universitas Jember Untuk menanamkan nilai-nilai spiritual kepada keluarga besar Universitas Jember.

“Itu sudah jelas di Al-Quran bahwa Allah itu akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu,” ujarnya. Menurutnya, tidak cukup hanya mendidik mahasiswa dengan nilai-nilai akademik saja namun juga harus menanamkan nilai spiritual juga. “Jadi mereka tidak hanya berilmu tapi juga beriman sehingga nanti mereka akan menjadi calon-calon pemimpin yang bagus,” pungkasnya.

Dalam acara Tablig Akbar dan UNEJ Bersholawat yang digelar di lapangan timur Perpustakaan Universitas Jember itu dihadiri oleh 7000 lebih jamaah yang berasal dari seluruh penjuru Kabupaten Jember. Semua jamaah tampak begitu khidmat mengikuti pembacaan sholawat yang dipimpin oleh Jami’iyah Sholawat Nabi Al-Amin, Ambulu.

Acara itu juga mengundang Mubaligh KH. Drs. Mushoddiq Fikri salah satu tokoh Kyai besar Jember. Dalam ceramahnya dia memeberikan apresiasi yang tinggi kepada Universitas Jember. Karena menurutnya, sejak 50 tahun berdiri baru tahun ini digelar acara Tabligh Akbar dan UNEJ Bersholawat.

“Ini suatu awal yang sangat bagus, baru kali ini UNEJ menggelar acara seperti ini, biasanya yang digelar kalo bukan Band Rock pasti Band lainnya yang jauh dari nuansa Islam,” ujar kyai yang akrab disapa dengan Gus Fikri ini.

Gus Fikri menambahkan, Universitas Jember pasti akan menjadi universitas yang besar yang kelak juga akan melahirkan orang-orang besar. “Berkah dari sholawatan bersama malam ini akan membawa UNEJ menjadi Universitas yang besar dan melahirkan orang besar,” ujarnya. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: