Perkembangan Bisnis Grafika Membaik

seminarJEMBER (titik0km.com)– Ini kesempatan bagi pelaku usaha di bisnis grafika untuk meraih keuntungan lebih besar. Ini mengingat, perkembangan binis grafika tahun 2013 diprediksi lebih baik dari tahun sebelumnya. Ini terkuak saat Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPGI) DPD Jatim dan DPC Jember, menggelar seminar bertajuk ‘Mengupas Dunia Grafika, Solusi Dan Pemecahannya’.

Seminar dibuka kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember Drs. H. Achmad Sudiyono SH M.Si. Pesertanya tersebar dari berbagai perwakilan DPC PPGI se Jatim.

Menurut Sumpono, koordinator wilayah (korwil) Jatim bagian timur menyampaikan, perkembangan dunia grafika saat ini mengalami kenaikan sangat siknifikan. Apalagi saat ini, pemilihan kepala daerah dan kepala desa, mulai menggunakan media promosi, hasil karya para pengusaha percetakan tersebut. Dijelaskan, kapasitas produksi semenjak ada pilkada dan pilkades, di berbagai wilayah, mengalami kenaikan hingga 100 persen.

Sumpono menambahkan, terhitung sejak awal Maret ini, pihaknya sudah merilis ada kenaikan omzet sebesar 100 persen. Namun, kenaikan omzet tersebut, diraih percetakan yang menggunakan teknologi digital.

Bukan hanya mampu menghasilkan kualitas gambar yang bagus dengan waktu yang cepat saja, penekanan biaya produksi, yang akhirnya berdampak pada harga, yang beriringan mengikuti murah itu, juga menjadi pilihan banyak pelanggan saat ini. Namun, tidak semua pengusaha percetakan, mampu membeli mesin produksi tersebut. “Kalau gambarnya lebih bagus dan lebih cepat jadinya. Tapi mesinnya cukup mahal,” ucapnya. (tnt)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: