Perkembangan Wisata Cafe Gunung Gumitir Maju Pesat

Karyawan cafe & rest area Gumitir siap melayani pengunjung JEMBER (titik0km.com) – Luar biasa. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan perkembangan tempat wisata Cafe dan Rest Area Gunung Gumitir. Bagaimana tidak, hanya dalam waktu beberapa tahun sejak dibuka untuk umum, perkembangan cafe dan rest area yang berada di perbatasan Jember-Banyuwangi ini menunjukkan perkembangan yang sangat pesat.

Selain ada penambahan beberapa gazebo dan perluasan lahan untuk rest area, tempat bermain juga semakin banyak disediakan. Kawasan rest area kali pertama dirintis oleh Lufki yang waktu itu mengelola kawasan wisata Gunung Gumitir. Menurut dia, pengembangan wisata Gunung Gumitir untuk mengapresiasi minat pengunjung yang semakin banyak. “maka pengelola café Gumitir menambah beberapa gazebo/lesehan,” ujar Lufki yang mulai November 2012 lalu menjabat Manager bidang tanaman ini.

Dijelaskan, kapasitas 190 kursi pada saat hari libur sudah tidak mencukupi lagi. “Selain itu, sambil menunggu pembangunan gedung untuk pertemuan di tahun 2013, telah dibuatkan gazebo ukuran 7 x 10 meter sebagai tempat yang bisa menampung 50 pengunjung,” ujarnya. Sedangkan untuk keperluan pengunjung yang hanya ingin menikmati minuman kopi dan teh di luar bangunan  café, saat ini tersedia gazebo untuk membeli minuman kopi dan teh dalam kemasan gelas plastic.

kawasan wisata Gunung Gumitir menyediakan gazebo untuk pengunjung“Tentunya pengunjung café dan rest area Gumitir bisa menikmati keindahan suasana sejuknya perkebunan kopi sambil jalan-jalan  menyeruput kopi dan the produk PTPN XII,” tegasnya. Untuk menyongsong semangat baru tahun 2013, seragam pramusaji berganti desain khas daerah dan kreasi modern menggantikan seragam lama yang bernuansa kasual.

Menarikya, kata dia, beberapa menu kuliner yang baru adalah kopi espresso dan kopi cappuccino. “Kopi pilihan terbaik dari perkebunan kopi Gunung Gumitir disajikan melalui espresso machine menambah mantapnya sajian kopi tersebut,” ungkapnya. Selain itu, menu makanan yang baru adalah bebek goring sambel setan dan bebek betutu. “Sambel setan membuat penyuka sajian pedas akan keluar keringat seperti halnya kalau dikejar setan,” ujarnya. Saat ini,kata dia, kawasan wisata tersebut dikelola Ignatius menggantikan posisi Lufki yang mengemban amanah baru.

Sementara itu, pantauan di lapangan, lahan parkir yang disediakan juga luas, sehingga mempermudah pengunjung yang datang di area ini. Bila hari Sabtu dan Minggu, jumlah pengunjung membeludak. Selain bisa melepas lelah sehabis perjalanan jauh, pengunjung bisa menikmati hidangan lezat yang disajikan dengan harga murah. Ditambah lagi, alunan musik live yang sangat rancak dan menghibur.

Kursi Raksasa Cafe GumitirTak heran bila pengunjung betah berlama-lama di lokasi ini. Pengunjung tidak hanya dari Jember dan sekitarnya, tetapi juga dari luar kota. Udara sejuk pegunungan menambah daya tarik tempat wisata ini. Apalagi berbagai permainan anak bisa dinikmati di lokasi yang sekelilingnya banyak tanaman menghijau ini.

“Area wisata ini sangat enak buat wisata keluarga. Udaranya sejuk dan anak-anak bisa bermain, ujar Totok, salah seorang pengunjung Café dan Rest Area Gunung Gumitir ini. Apalagi, pengunjung bisa keliling kebun, baik dengan mengendarai mobil yang sudah disediakan pihak pengelola. Bisa juga dengan menunggang kuda yang jumlahnya cukup banyak. Mau tahu kondisinya? Datang saja bersama keluarga dan nikmati keindahannya. Pasti tak akan mengecewakan. (tnt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: