Perlunya Manajemen Mutu untuk Lembaga Pemilu

Oleh : Miftah Abdillah Achmad*

Pemilu tahun depan mungkin akan berbeda dengan pemilu 014 ini. Ini dikarenakan Badan Standarisasi Nasional (BSN) mulai menginisiasi pengembangan Sistem Manajemen Mutu untuk semua Lembaga Penyelenggara Pemilu di Indonesia.

Inisiasi ini ditimbulkan oleh berbagai permasalahan pemilu yang selalu timbul di Indonesia. Mulai dari pelanggaran peraturan yang ditetapkan, ketidaklengkapan persyaratan dan dokumen pelengkap calon peserta pemilu, sistematika pengusungan calon legislatif dan presiden oleh partai politik, belum lagi masalah kinerja dan hasil pemilu yang dianggap kurang transparan, independen, fair, juga isu dugaan politik uang juga perhitungan hasil suara pemilu yang seringkali dianggap kurang akurat. Dengan adanya Standarisasi atas Manajemen Mutu untuk semua Lembaga Penyelenggara Pemilu di Indonesia ini, diharapkan berbagai permasalahan tersebut bisa berkurang bahkan menghilang dengan sendirinya.

Nantinya, ruang lingkup Standar Manajemen Mutu Lembaga Penyelenggara Pemilu di Indonesia ini akan berfokus pada kemampuan lembaga penyelenggaraan pemilu dalam menjalankan proses pemilu yang transparan dan sesuai dengan regulasi yang berlaku, kemampuan memenuhi perencanaan dan pemilihan logistik, bagaimana proses mendaftarkan pemilih, pendaftaran parpol dan kandidat yang diusung oleh parpol yang terkait, juga perhitungan suara di akhir pemilu yang sudah dilaksanakan dan deklarasi hasilnya, tidak lupa kemampuan dalam mengawasi pembiayaan kampanye serta pengetahuan kewarganegaraan terkait proses pra-pemilu dan pasca-pemilu.

Nantinya, lembaga pemilu baik lembaga partai maupun non-partai yang belum mendapatkan sertifikasi SNI ini akan dihimbau untuk konsultasi dengan lembaga konsultan ISO untuk mendapatkan sertifikasi tersebut.

BSN berharap Pengembagan SNI dalam Pengelolaan Penyelenggaraan Pemilu ini dapat meningkatkan kemampuan penyelenggara pemilu sekaligus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap seluruh lembaga yang menjalankan proses pemilu juga hasil akhir yang didapat pemilu tersebut. (*)

 Penulis adalah Pemerhati Pemilu Indonesia sekaligus copywriter untuk www.osscertification.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: