Peserta Operasi Gratis RSBS Capai 1.246 Orang

peserta operasi gratisJEMBER (titik0km.com) – Jumlah warga miskin yang terbantukan dengan operasi gratis bertajuk `Sinergi Aksi Kemanusiaan` yang dilaksanakan Rumah Sakit Bina Sehat Jember telah melebihi target yang ditentukan. Buktinya, berdasarkan data sementara, total peserta operasi gratis dari 5 kabupaten yang menjadi cakupan wilayah kegiatan aksi kemanusiaan ini sudah mencapai 1.246 warga.

Perinciannya, pasien dari Jember sebanyak 688 peserta, Lumajang (22 peserta), Bondowoso (15 peserta), Situbondo (115 peserta), dan Kabupaten Banyuwangi mencapai 406 peserta. Hal ini disampaikan dr. Maria Ulfah, koordinator aksi sosial RS Bina Sehat Jember.

Dijelaskan, Rumah Sakit Bina Sehat (RSBS) Jember mulai melakukan screening awal pada pasien peserta operasi gratis. “Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan operasi gratis bagi 1.000 kaum dhuafa di RS Bina Sehat Jember dan RS Al Huda Banyuwangi,” ujarnya.

Ditambahkan, mulai Selasa (15/1) lalu, tim aksi sosial RSBS sudah melaksanakan pemeriksaan awal pasien yang meliputi pasien bibir sumbing, polidaktili (jari lebih), CTEV (kaki pengkor), dan katarak.

Masih menurut dr Ulfah, rangkaian kegiatan screening pasien dimulai dengan pendataan ulang peserta serta cek kelengkapan berkas syarat peserta. Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan awal oleh dokter. Diantaranya meliputi pemeriksaan fisik, tekanan darah, pemeriksaan tambahan meliputi ECG (Electro Cardio Graphy), gula darah acak, konsultasi dokter spesialis penyakit dalam, serta dokter spesialis jantung.

Dari hasil screening sementara, terjaring 374 total pasien yang meliputi pasien dari Kabupaten Jember sebanyak 70 pasien. Perinciannya, sebanyak 63 pasien bibir sumbing dan 7 pasien polidaktili. Sedangkan dari Kabupaten Lumajang terdapat 18 pasien, meliputi 16 pasien bibir sumbing, 1 pasien polidaktili, dan 1 pasien CTEV.

“Untuk Kabupaten Bondowoso ada 14 pasien. Perinciannya, 10 pasien bibir sumbing dan 4 pasien polidaktili. Kabupaten Situbondo sebanyak 115 pasien terdiri dari 15 bibir sumbing dan 100 pasien katarak. Sementara, Kabupaten Banyuwangi ada 159 pasien. Perinciannya, 108 pasien katarak, 40 hernia, 6 bibir sumbing, 1 polidaktili, dan 4 pasien CTEV,” tegasnya.

Dijelaskan, untuk pasien katarak, screening akan dilaksanakan Selasa (22/1), dimulai pukul 13.00 bertempat di klinik mata RS Bina Sehat. Secara rinci, kata dia, untuk jadwal screening katarak per kecamatan, untuk tanggal 22 Januari Kecamatan Sumbersari. “Untuk tanggal 23 Januari 2013, diperuntukkan bagi pasien asal Kecamatan. Arjasa dan Kalisat.

“Sedangkan tanggal 25 Januari 2013 untuk Kecamatan Patrang, Sukowono, Mayang, Silo, Sumberjambe. Untuk tanggal 26 Januari 2013 meliputi Kecamatan Kaliwates, Tempurejo, Mumbulsari, Ledokombo, Balung, Wuluhan, Ajung, dan Kecamatan Kencong.

Ulfah menambahkan, proses screening katarak tanggal 28 Januari,  jadwal screening diperuntukkan pasien dari Kecamatan Rambipuji. Untuk tanggal 29 Januari 2013, diperuntukkan bagi pasien asal Kecamatan Panti dan Bangsalsari. “Dan tanggal 30 Januari 2013 untuk Kecamatan Tanggul dan Sumberbaru. Tanggal 31 Januari 2013 untuk pasien dari Kecamatan Umbulsari, Gumukmas dan Kecamatan Puger.

“Sedangkan tanggal 1 Februari 2013 meliputi  pasien yang tinggal di Kecamatan Ambulu, Jenggawah, Jelbuk, Jombang, Pakusari,  dan tanggal 2 Februari 2013 untuk pasien dari Kecamatan Sukorambi dan Kecamatan Semboro.

“Pemeriksaan dilaksanakan mulai pukul 13.00 sampai selesai. Kecuali tanggal 25 Januari dan 26 Januari 2013, pemeriksaan dimulai pukul 09.00. Pemeriksaan meliputi pemeriksaan dasar untuk melihat pasien terdiagnosa katarak atau diagnosa penyakit lain (kelainan refraksi, pterigium, glaukoma dan lain-lain) hingga pemeriksaan penunjang lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Ulfah menyampaikan, hasil screening ini akan disampaikan tim aksi sosial RSBS kepada pihak TNI dan Dinas Kesehatan Pemkab Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, serta Penggerak PKK Kabupaten Jember. Hal ini dimaksudkan agar mempermudah koordinasi dan komunikasi penghantaran peserta kembali pada saat pelaksanaan operasi.

dr. Maria Ulfah tampak sedang memeriksa salah satu peserta screening bibir sumbing di RS Bina Sehat yang didampingi pengurus PKK dan petugas Puskesmas setempatTerkait pelaksanaan jadwal operasi, dr. Ulfah menyampaikan, untuk operasi katarak dan CTEV dimulai tanggal 7 Februari sampai selesai. Sedangkan untuk operasi bibir sumbing tahap pertama dilaksanakan 8-9 Februari 2013.

Ditambahkan, pihaknya optimistis dapat menyukseskan kegiatan ini dengan baik. Apalagi mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Terkait informasi mengenai kegiatan aksi sosial ini, dapat menghubungi langsung dr. Maria Ulfah di nomor handphone 0816599591 atau bagian informasi RS Bina Sehat Jember (0331) 6008777. “Bisa juga datang ke RS Bina Sehat Jember di Jalan Jayanegara No. 7 Jember,” tegasnya. (tnt)

Jadwal Screening Operasi Gratis Rumah Sakit Bina Sehat Jember

Tanggal 22 Januari 2013
Kecamatan Sumbersari.
Tanggal 23 Januari 2013
Kecamatan Arjasa
Kecamatan Kalisat.
Tanggal 25 Januari 2013
Kecamatan Patrang
Kecamatan Sukowono
Kecamatan Mayang
Kecamatan Silo
Kecamatan Sumberjambe.
Tanggal 26 Januari 2013
Kecamatan Kaliwates
Kecamatan Tempurejo
Kecamatan Mumbulsari
Kecamatan Balung
Kecamatan Wuluhan
Kecamatan Ajung
Kecamatan Kencong
Kecamatan Ledokombo.
Tanggal 28 Januari 2013
Kecamatan Rambipuji
Tanggal 29 Januari 2013
Kecamatan Panti
Kecamatan Bangsalsari
Tanggal 30 Januari 2013
Kecamatan Tanggul
Kecamatan Sumberbaru
Tanggal 31 Januari 2013
Kecamatan Umbulsari
Kecamatan Gumukmas
Kecamatan Puger.
Tanggal 1 Februari 2013
Kecamatan Ambulu
Kecamatan Jenggawah
Kecamatan  Jelbuk
Kecamatan Jombang
Kecamatan Pakusari.
Tanggal 2 Februari 2013
Kecamatan Sukorambi
Kecamatan Semboro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: