Piawai Permak Kertas Koran Jadi Origami

JEMBER (titik0km.com) – Luar biasa, kata itulah yang bisa menggambarkan kreativitas ibu-ibu tim Penggerak PKK Kabupaten Jember yang dikomandani Sri Wahyuni Djalal, istri Bupati Jember M.Z.A Djalal. Mereka bisa mempermak kertas apa saja menjadi berbagai bentuk lipatan kertas origami yang sangat indah. Bahkan, kertas koran bisa disulap menjadi berbagai bentuk origami menarik. Ada origami berbentuk busana hingga origami bunga dari kertas koran. “Ini sudah jadi origami dari kertas koran berbentuk bunga Dahlia,” ujar Sri Wahyuni Djalal, ketua Jember Origami Community (JOC).

Bila melihat persiapan ibu-ibu PKK dan tim JOC dalam mempersiapkan pameran origami bertajuk `Origami HAN 2014` ini, pelaksanaan pameran akan berlangsung meriah. Apalagi, ada banyak bentuk kreativitas origami mulai yang mudah dibuat hingga paling sulit, akan dipajang selama pelaksanaan pameran yang berlangsung di GOR PKPSO Kaliwates mulai hari Rabu-Kamis, tanggal 10-11 September mendatang.

Sementara itu, koordinasi dengan panitia lomba origami juga sudah dilakukan di pendapa antara Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Jember dengan tim penggerak PKK Kabupaten Jember dan tim Jember Origami Community (JOC) serta IGTKI, kemarin. Pembagian tugas sudah didistribusikan sesuai dengan job discription yang telah disusun. Termasuk menyusun rundown acara mulai pembukaan hingga pelaksanaan lomba dan pameran.

Menariknya lagi, penataan area pameran didesain dengan ciamik didukung penataan lampu warna warni yang telah dipersiapkan. Makanya, sangat rugi bila masyarakat Jember dan sekitarnya tidak melihat langsung pelaksanaan pameran yang berlangsung hanya dua hari ini. “Pameran origami ini pertama kali dilaksanakan. Pelaksanaannya selama dua hari,” ujar Sri Wahyuni Djalal.

Sementara itu, tim kreatif yang membantu pelaksanaan pameran hingga kemarin harus kerja keras untuk menyelesaikan media pameran serta properti yang dibutuhkan untuk pameran. Terlihat tim dari Creative Top Leader (CTL) sudah menyelesaikan 10 media pameran dari 12 media pameran yang bakal dipajang. Ibu-ibu PKK juga sudah mulai mensimulasikan penempatan berbagai bentuk origami yang dipajang sesuai dengan tema pameran origami yang telah ditentukan.

Ada sebelas tema lipatan kertas origami yang dipamerkan. Antara lain, origami bertema keluarga (family), PAUD, kolam renang (swimmingpool), peternakan, kebun (garden), terminal, lapangan terbang (airport), kebun binatang (zoo), laut (sea), pesta (party), dan tema Hari Anak Nasional (HAN) yang didesain khusus tim dari IGTKI.

Yang pasti, penyajian pameran akan didesain semenarik mungkin dengan penataan ruang pameran yang telah disusun jauh-jauh hari. Bisa jadi, ajang pameran origami ini akan menjadi salah satu icon kreativitas dari Jember yang tidak dimiliki daerah lain. Terlebih, sekarang ini sudah terbentuk Jember Origami Community yang diketuai sendiri oleh Sri Wahyuni Djalal sekaligus sebagai ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember.

Mau tahu detail cara membuat dan bagaimana hasil karya origami tersebut dibuat? Datang saja saat pameran origami HAN 2014 di GOR PKPSO Kaliwates mulai hari Rabu-Kamis tanggal 10-11 September nanti. Apalagi ada berbagai lomba origami yang digelar yang diikuti ratusan anak-anak dan guru. (asd)

Baliho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: