Polantas Polres Jember Blusukan ke Sawah, Sosialisasi Lalu Lintas ke Petani

Jember, (titik0km.com) – Berbagai cara dilakukan jajaran Satlantas Polres Jember dalam melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas, seperti saat blusukan ke sawah yang ada di Dusun Krajan Barat Desa Mlokorejo Puger Jember pada Jumat (1/10/2019), dengan dikemas lesehan dan duduk santai di Saung, jajaran Satlantas Polres Jember menemui warga yang sedang bekerja di sawah.

Suasana gayeng dan penuh kekeluargaan terlihat saat antara warga dan Polantas duduk bersama, banyak hal yang ditanyakan oleh beberapa warga terkait aturan lalu lintas, dan bagi warga yang tinggal di pedesaan, pertanyaan seputar Surat Izin Mengemudi (SIM) menjadi topik utamanya dalam sosialisasi ini.

“Pak saya pernah bepergian keluar kota, saat pulang ke Jember, SIM saya sudah mati 1 hari, kalau seperti ini bagaimana bapak, tanya Fatikhul warga setempat kepada jajaran Satlantas Polres Jember.

Kasatlantas Polres Jember AKP. Edwin Nathanael yang ikut hadir langsung pada acara inipun menjelaskan, bahwa SIM yang masa berlakunya telah habis harus mengurusi kembali dan prosesnya sama dengan ketika pembuatan SIM baru.

“Meski matinya baru lewat 1 hari, tetap bapak ibu harus mengurusi dari awal lagi, seperti mengurusi pembuatan SIM baru, makanya bapak ibu dicek SIM nya jangan terlambat memperpanjang,” kata AKP. Edwin.

Lebih lanjut Edwin menambahkan bahwa pengurusan SIM saat ini telah menggunakan sistim online sehingga bisa mengajukan permohonan SIM baru maupun perpanjangan dari Polres mana pun. “Jadi bisa diurusi meski tidak di Polres Jember, karena telah online. Bapak Fatikul saat itu seharusnya mengurusi perpanjangan di kota setempat,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, jajaran Satlantas Polres Jember juga mensosialisasikan program pemutihan pajak kendaraan bermotor yang diselenggarakan oleh Pemprov. Jawa Timur, serta smart SIM.

“Ibu dan bapak saat ini juga sedang berlangsung pemutihan pajak kendaraan bermotor, program dari Provinsi Jawa Timur, jadi yang pajak kendaraannya telat untuk langsung diurusi tanpa membayar denda karena telat, serta bagi yang mau balik nama juga gratis, silahkan dimanfaatkan. Pemutihan ini sampai dengan 14 Desember 2019,” jelas Kanit Regident IPTU Agnis Manurung.

Sementara itu Kepala Desa Mlokorejo Mahfud mengapresiasi langkah Satlantas Polres Jember menyosialisasikan berbagai kebijakan terkait lalu lintas ke warganya.

“Terima kasih dengan adanya Polisi Masuk Desa, kami beserta warga mendapatkan pengetahuan baru terkait aturan lalu lintas. Kami menyampaikan kepada Kasatlantas mengenai aspirasi masyarakat tadi terkait pembuatan SIM menginginkan adanya layanan ‘On The Spot’ oleh sebab itu saya selaku Kades Mlokorejo akan menyediakan lahan untuk dijadikan lapangan praktek bagi warga dalam pembuatan SIM, agar tidak jauh harus ke kota,” pungkas Mahfud. (*)

Bagikan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *