Dari Sini Semua Berawal

Pramuka Jaman Sekarang Butuh Kreasi dan Penuh Ide

Pramuka Jaman Sekarang Butuh Kreasi dan Penuh Ide

Jember, (titik0km.com) – Gerakan Pramuka harus bisa menjadi seuatu yang menantang bagi generasi muda yang saat ini mengalami distorsi kehidupan berbangsa dan bernegara. “Menantang sesuai dengan jamannya,”  kata Wakil Bupati Jember Drs. KH. Abdul Muqit Arief, Selasa, (5/3/2019), dalam pembukaan Pitaran Pelatih Pembina Pramuka di Pusdiklatcab Argopuro.

Untuk itu, lanjut wabup, memerlukan kreasi dan ide-ide baru dalam Pramuka. Hal ini menjadi suatu keharusan.

Karena, sepuluh tahun lalu, tantangan gerakan Pramuka sudah berbeda dengan tantangan yang ada sekarang.

“Sehingga Pramuka tetap menjadi sesuatu yang menarik,” terang pria yang juga Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Jember ini.

Pitaran Pelatih Pembina Pramuka ini, menurut wabup, merupakan soko guru yang utama dari gerakan Pramuka, khususnya bagi Pramuka Kabupaten Jember.

Para pelatih mempunyai tugas untuk menjadikan Pramuka sebagai gerakan yang menarik dan menantang bagi generasi muda.

Mereka juga mempunyai tugas untuk membentuk generasi muda yang berkarakter, para pelatih ini juga yang membentuk pola pikir dan pola laku para generasi muda di Kabupaten Jember dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Dedi M Nurahmadi, M. Si. menjelaskan, Pitaran Pelatih Pembina Pramuka diikuti 70 Pembina Pramuka yang telah memiliki lisensi pelatih.

Targetnya, memperoleh Pelatih Pembina Pramuka yang berkualitas dalam pengetahuan dan keterampilan kepramukaan agar dapat menjadi pembimbing atau instruktur di setiap kegiatan kursus.

“Kami ada kekuatiran, kalau kepramukaan mandeg, maka proses pembinaan generasi muda yang melalui wadah kepramukaan tidak berjalan dengan baik, yang akhirnya generasi kita terjerumus pada hal-hal yang tidak baik,” katanya. (*)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *