PSIK Unej Gelar Pelatihan MPKP di RSD Balung

JEMBER (titik0km) – Menjadi perawat yang baik tentunya tidak mudah, oleh karena itu tim Departemen Dasar Keperawatan dan Keperawatan Dasar (DKKD) Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember menggelar pelatihan Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP) untuk pemula. Pelatihan yang diselenggarakan di Aula RSD Balung Jember diikuti oleh 45 peserta yang merupakan petugas perawat RSD Balung. Acra ini digelar selama lima hari sejak 17 hingga 21 Maret lalu.

Hadir sebagai narasumber Ns. Roymond H Simamora. M.Kep, Ns. Anisah Ardiana. M.Kep. Ns. Nurfika Asmaninggrum. M.Kep. Ns. Retno Purwandari. M.Kep. Ns. Dody Wijaya M.Kep. para narasumber yang hadir memberikan materi merupakan Tim (DKKD) Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Jember.

Ns. Roymond H Simamora. M.Kep. menjelaskan, keberhasilan pelayanan kesehatan sangat tergantung dari kualitas dan kemampuan tenaga kesehatan yang profesional di bidangnya sesuai dengan keahlian/keterampilan yang dimiliki. menurutnya perawat harus dapat menangani pasien secara tepat, cepat, dan akurat pasien sesuai dengan prosedur. Oleh karena itula perlu kiranya diberikan pelatihan dan pembinaan kepada para petugas kesehatan.

Pelatihan ini sangat perlu diberikan agar setiap perawat lebih profesional, maksudnya perawat itu tidak hanya memberikan perawatan secara fisik saja, tetapi secara menyeluruh menyangkut segala aspek suhan kesehatan pasien” tutur Roymond.

Roymond manajemen pelayanan keperawatan yang merupakan sub sistem dari manajemen rumah sakit harus memperoleh tempat dan perhatian sama dengan manajemen lainnya. Hal itu dimaksutkan agar rumah sakit dapat berfungsi sebagaimana diharapkan.

Lebih jauh dia menjelaskan, ruang lingkup manajemen operasional dan manajemen asuhan keperawatan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, dalam memberikan pelayanan kesehatan harus diperhatikan. “Pengelolaan SDM perlu mendapatkan perhatian serius agar pasien selalu mendaptkan pelayanan yang prima,” pungkas Roymond.

Perlu diketahui salah satu Model Praktek Keperawatan Profesional (MPKP) adalah model yang dikembangkan oleh Dr. Ratna Sitorus. MPKP ini diartikan sebagai suatu system (struktur, proses dan nilai-nilai profesional) yang memungkinkan perawat profesional mengatur pemberian asuhan keperawatan termasuk lingkungan untuk menopang pemberian asuhan tersebut. Untuk pertama sekali MPKP ini diaplikasikan pada tahun 1996 di RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta dan sampai saat ini telah diimplementasikan dibeberapa rumah sakit lainnya. (asd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: