Puskesmas All Out Sukseskan Jember Bebas Bibir Sumbing

Kadinkes Jember, dr.Bambang Suwartono, M.Kes memberikan arahan sehubungan dengan pelaksanaan aksi sosial bagi 1000 DhuafaJEMBER (titik0km.com) – Rumah Sakit Bina Sehat Jember terus mematangkan persiapan aksi sosial operasi gratis bagi 1.000 warga miskin. Koordinasi dilakukan baik dengan jajaran TNI, dinas kesehatan, puskesmas, maupun dengan jajaran Kodim dan Pemkab di lima kabupaten. Meliputi Jember, Bondowoso, Lumajang, Situbondo, dan Banyuwangi.

Koordinasi dengan Dinas Kesehatan Pemkab Jember dilakukan dengan gelaran rapat bersama bertempat di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Jember. Rapat koordinasi melibatkan beberapa Kepala Puskesmas. Meliputi, Jelbuk, Silo, Mayang, Kalisat, Tanggul, Ambulu, Jenggawah, Sumberjambe dan perwakilan dari jajaran Dinas Kesehatan setempat. Tidak ketinggalan dari tim penggerak PKK yang dihadiri Ibu Kartini dan Ibu Lastri, perwakilan dari Pokja 4 PKK Kabupaten.

Menurut dr. Maria Ulfah, koordinator aksos dari RS Bina Sehat Jember, sinergi ini merupakan tindak lanjut dari pencanangan program Jember bebas bibir sumbing dan penyakit katarak tahun 2013 yang digagas Bupati Jember M.Z.A Djalal  bersama tim penggerak PKK yang dikomandani  Ibu Sri Wahyuni Djalal.

Rapat koordinasi dipimpin Kepala Dinas Kabupaten Jember dr. Bambang Suwartono M.Kes. Pada awal rapat, dr. Hj. Faida, MMR, Direktur RS Bina Sehat menyampaikan presentasi tentang teknis pelaksanaan operasi gratis bagi 1000 kaum dhuafa. “Mulai dari cakupan operasi yang meliputi katarak, bibir sumbing, polidaktili, dan CTEV, sampai pada persyaratan untuk peserta yang akan mengikuti operasi gratis ini,” ujarnya. Dalam pertemuan dihasilkan beberapa poin penting dalam upaya untuk mensukseskan kegiatan aksi sosial ini. (tnt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: