Puting Beliung Jember Akibatkan 1 Tewas 8 Luka Dan 391 Rumah Rusak

Wuwul Suraeng KokoJEMBER (titik0km.com) – Bencana puting beliung yang terjadi di pusat kota Jember menimbulkan korban meninggal. Bencana tersebut melanda di 3 kecamatan yaitu Kec Kaliwates, Sumbersari, dan Patrang di Kab Jember Jatim pada Jumat (29/3/2013) pukul 14.30 Wib. Awan gelap sudah nampak menebal sejak pukul 13.00 wib di bagian barat kota Jember, yang kemudian terjadi hujan lebat diikuti angin kencang menumbangkan banyak pohon dan merusak ratusan rumah di 3 kecamatan tersebut.

Menurut rilis resmi kejadian bencana puting beliung Jember, dari Forum Jurnalis Peduli Bencana (FORPENA) yang oleh ketua FORPENA Jember, Wuwul Suraeng Koko, korban terdapat 1 orang meninggal dunia a.n Ika (25 th, P) warga Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Kaliwates akibat tertimpa pohon tumbang dan bangunan rumah. 8 orang luka-luka, dimana 6 orang luka ringan dan 2 orang luka sedang. Korban langsung dirujuk di Puskesmas dan sudah pulang ke rumah.

“Untuk kerusakan bagunan dan rumah, total sebanyak 391 rumah rusak akibat terjangan puting beliung, dengan data sebagai berikut, 19 rumah rusak berat, 135 rumah rusak sedang, dan 237 rumah rusak ringan,” papar Ketua FORPENA Jember yang akrab di sapa Wuwul ini.

Dari 391 rumah rusak tersebut, di Kecamatan Kaliwates, 27 rumah rusak ringan, 11 rumah rusak sedang, 8 rumah rusak berat. Di Kecamatan Patrang, 72 rumah rusak ringan, 103 rumah rusak sedang, dan 8 rumah rusak berat. Sedangkan di Kecamatan Sumbersari, 138 rumah rusak ringan, 21 rumah rusak sedang, dan 3 rumah rusak berat. Dua mushola dan masjid di Kaliwates juga mengalami kerusakan ringan.

Sebanyak 400 personil dari BPBD Jember, TNI, Polri, relawan dan masyarakat bergotong royong membantu masyarakat terkena bencana. Pohon-pohon tumbang dan puing-puing dibersihkan. BPBD Jember sudah membagikan 400 paket sembako. Masyarakat yang rumahnya rusak berat mengungsi ke rumah kerabatnya. “Untuk pekerjaan pembersihan diperlukan waktu kurang lebih sekitar sekitar 2-3 hari,” jelas Wuwul.

Menanggapi bencana puting beliung tersebut, Wuwul meminta agar masyarakat selalu waspada terhadap cuaca ekstrim yang akan terjadi 2 bulan ini. Terlebih saat memasuki musim peralihan dari penghujan ke kemarau yang sering ditandai dengan puting beliung dan hujan berintensitas tinggi dalam durasi pendek. “Jember sendiri sudah beberapa kali diterjang puting beliung. Tahun 2012, Jember di landa puting beliung dan merupakan jenis bencana paling banyak di Indonesia,” ujar Wuwul di akhir rilisnya. (ias)

3 thoughts on “Puting Beliung Jember Akibatkan 1 Tewas 8 Luka Dan 391 Rumah Rusak

  1. Perkembangan data global sementara korban puting beliung.. kerusakan rumah : Kec. Kaliwates, Patrang, Sumbersari: Rusak ringan 360 rmh. Rusak sedang 159. Rusak berat 20 rmh. Total 539 rumah..sementara untuk data korban manusia: Luka sedang 2 org, luka ringan 6 org, meninggal 1 org. TTD Wuwul Suraeng Koko -Ketum Forpena Indonesia. Demikian laporan bisa berubah sesuai perkembangan data terbaru. Release Report Kepala BNPB Pusat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: