Ratusan Pemuda Ikuti Indonesia Youth Forum 2013

Ratusan Pemuda Ikuti Indonesia Youth Forum 2013 BANDUNG (titik0km.com) – Pada tahun 1928, merupakan suatu momen bersejarah bagi pemuda Bangsa Indonesia. Mereka secara tegas dan bangga mengikrarkan suatu janji, sumpah anak Bangsa yang tertuang dalam Sumpah Pemuda Indonesia. Janji tersebut diikrarkan pada 20 Mei 1928 di Bandung, Jawa Barat tepatnya di Gedung Merdeka.

Hal serupa juga kembali terjadi di tahun 2013 ini. Kurang lebih 200 pemuda dari seluruh penjuru daerah Indonesia, mulai dari sabang hingga merauke, berkumpul di Gedung yang terletak di jalan Asia-Afrika untuk memajukan Indonesia. Pada Kamis (23/5) lalu, mereka menjalani hari pertama sebagai official delegates Indonesia Youth Forum 2013. IYF 2013 ini merupakan tahun kedua pelaksanaan forum pemuda Indonesia oleh ISYF, sebuah lembaga non-profit yang bergerak di bidang pengembangan pemuda Indonesia.

Acara IYF 2013 ini dibuka sebagai masa orientasi bagi seluruh official delegates serta langkah untuk mengenalkan budaya Indonesia itu sendiri. “Kami menetapkan Bandung sebagai tuan rumah acara IYF tahun ini. Di tahun sebelumnya, kami melaksanakan acara yang sama di Jakarta. Ini untuk mengenalkan budaya Bangsa Indonesia yang sangat beragam”, ujar Fajar Kurniawan selaku ketua ISYF.

Tampak hadir dalam acara pembukaan Indonesia Youth Forum 2013 antara lain, Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda serta M. Taufik selaku Deputi di Kementrian Koperasi dan UKM  RI. Kehadiran mereka untuk memberikan sambutan sekaligus membuka acara IYF 2013. Adapun lagu Indonesia Raya digaungkan dengan lantang dan khidmat oleh paduan suara mahasiswa Universitas Padjajaran beserta seluruh peserta yang hadir.

IYF 2013 dilaksanakan pada 23-26 Mei 2013. Serangkaian acara dilaksanakan di Gedung Merdeka, Savoy Homann Hotel, serta Gedung Bank Indonesia yang ada di Bandung. Selama pelaksanaan acara ini, para peserta akan dikembangkan serta diasah segala potensi terpendamnya untuk mewujudkan social project yang telah mereka rencanakan ataupun yang telah dijalankan sebelumnya.

“Perkuatkanlah kesadaran diri bahwa tiap individu mempunyai potensi dan beranilah untuk mengekspresikan segala apa yang telah kita miliki”, ujar Deputi Koperasi dan UKM dalam pemberian materi terhadap para pemuda.

Ratusan Pemuda Ikuti Indonesia Youth Forum 2013 di BandungDiharapkan dengan adanya forum ini, generasi muda Indonesia mampu memajukan Indonesia menjadi Bangsa yang lebih baik dan terciptalah para pemimpin dunia yang akan menciptakan suatu kesejahteraan bagi masyarakat secara keseluruhan dan seutuhnya. Pantaslah jika Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno pernah berteriak lantang dalam pidatonya, “Beri aku 10 pemuda, akan aku guncang dunia”. Mudah-mudahan masih tetap tergiang di telinga pemuda pemudi Indonesia. (ama/ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: