Rela Kunjungi Warga Untuk Tensi

Ibu Endang dan perangkat desa RambigundamJember (titik0km.com) – Usaha maksimal dilakukan oleh Ibu- ibu yang tergabung dalam PKK Desa Rambigundam Kecamatan Rambipuji agar warganya dapat mengikuti operasi gratis di kegiatan kemanusiaan operasi gratis 1000 dhuafa yang diadakan oleh RS Bina Sehat Jember ini.

Secara khusus, Ny.Endang Abdul Kholik, ketua Tim Penggerak PKK Desa Rambigundam beserta jajarannya langsung turun menyusuri seluruh wilayah desa untuk memeriksa tensi warganya yang akan melaksanakan operasi katarak. Usaha ini dilakukan untuk meminimalisir ditundanya operasi pasien karena tekanan darah masih di atas normal pada saat diperiksa di Rumah Sakit Bina Sehat Jember. Salah satu penyebab tertundanya operasi katarak pada pasien adalah tensi atau tekanan darah terlalu tinggi, sehingga beresiko tinggi bagi si pasien itu sendiri.

“Kami hanya ingin memastikan agar warga yang menjadi pasien, di periksa tensinya dulu, biar tahu tinggi tidaknya, biasanya kami keliling desa 2-3 hari sebelum operasi, kalo ada yang tensinya terlalu tinggi kami suruh makan buah seperti langsep atau semangka biar turun. Kasihan kalo ternyata sudah sampai disini (RS Bina Sehat Jember, red) ternyata di pending karena tensinya tinggi padahal rumahnya pasien jauh dan masuk ke pelosok,” ujar Endang yang saat itu mengantar pasien katarak untuk kontrol.

Biasanya warga di desa Rambigundam memang sering meminta periksa tekanan darahnya, karena kebetulan dirumah Abdul Kholik, Kades Rambigundam mempunyai tensimeter otomatis sehingga warga yang cek tekanan menjadi tahu berapa tensi mereka saat itu. “Kalaupun ada yang masih tinggi tensinya, sampai hari pelaksanaan kami suruh bontot buah yang bisa menurunkan tensi, jadi sebisa mungkin tidak dipending operasinya,” tutup Endang. (ias)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: