Roadshow Komunitas Reptil di SMPN 11 Jember

Komunitas Reptil Jember Invasion Roadshow di SMPN 11 JemberJEMBER (titik0km.com) – Jika kita melihat ular, kadal dan binatang reptil lain mungkin akan beranggapan bahwa binatang berdarah dingin itu adalah binatang yang mengganggu bahkan sering kali ketika bertemu ular, baik di rumah, di halaman, atau di jalan seringkali orang membuat kaget yang melihat. Hampir dipastikan presepsi dan anggapan yang didapat hewan reptil itu kadang sangat buruk dan tidak diharapkan kehadirannya oleh banyak orang.

Namun kali ini, beberapa hewan reptil tampak berada di ruang kelas di SMPN 11 yang terletak di jl.Letjen Suprapto 110 Jember ini, dan kali ini para siswa yang terdiri siswa klas VII dan klas VIII SMPN 11 Jember nampak menikmati pertemuan mereka dengan hewan-hewan reptil itu.

Pasalnya hewan reptil yang merupakan koleksi dari Komunitas Reptil Jember atau yang biasa disebut KRJ itu, memang sengaja dihadirkan dalam upaya memberikan pengetahuan dan serta menyadarkan seluruh lapisan masyarakat tentang pentingnya kehadiran reptil ini dalam lingkungan.

Menurut Surartono ‘Mommi’ Dwiatmoko, humas yang juga pendiri KRJ menjelaskan bahwa reptil adalah predator utama untuk tikus dan hewan perusak yang lain,”Ini dapat dilihat dari banyaknya serangan hama tikus karena rusaknya keseimbangan ekosistem di alam, termasuk kegiatan mematikan reptil seperti ular yang sebetulnya adalah predator utama untuk hama seperti tikus,” ujar Surartono Dwiatmoko yang akrab dipanggil Mommi menjelaskan via telepon karena masih berada di Surabaya kepada titik0km.com.

KRJ merupakan komunitas pencinta dan penyayang reptil memiliki kepedulian terhadap keberlangsungan keseimbangan alam melalui edukasi dan pengenalan hewan reptil secara langsung. “Menurut kami, dari KRJ, edukasi tentang reptil harus sudah dimulai sejak usia dini, sehingga kami menyediakan waktu untuk melakukan edukasi tentang reptil di sekolah-sekolah,” papar Mommi

“Selama ini kami sudah melakukan edukasi pada beberapa TK dan SD, dan kali ini KRJ Invasion hadir di SMPN 11 Jember, juga kami sering membawa hewan reptil koleksi anggota KRJ ke Alun Alun Jember dan Double Way Universitas Jember untuk mengedukasi masyarakat umum,” ujar Mommi

DKomunitas Reptil Jember Invasion Roadshow di SMPN 11 Jember Pengenalan Reptilewi Novi, Guru SMPN 11 Jember yang bertugas sebagai guru biologi sangat merespon kegiatan Roadshow KRJ ini, karena selain tujuan untuk mengkampanyekan kelestarian lingkungan, juga karena memang pelajaran biologi untuk mengenal hewan reptil memang di berikan di kelas VII untuk tingkat SMP. “Kegiatan ini sangat mendukung, terutama kegiatan praktek lapangan untuk siswa kelas 7 disamping materinya juga cocok, mereka juga bisa melihat langsung dan belajar bersama komunitas reptil Jember,” jelas Dewi Novi. (ias)

2 thoughts on “Roadshow Komunitas Reptil di SMPN 11 Jember

  1. Semoga reptil di indonesia bisa terus dijaga dan dilestarikan yaaa….jangan kalah ama luar negeri….semangat buat KRJ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: